Pemetaan menggunakan Excel dan ArcGIS Online

Produk dari ESRI yaitu Esri Maps for Office, merupakan komponen baru servis ArcGIS Online yang memungkinkan memetakan data geografis secara langsung dari Excel. Merupakan bagian dari langganan yang ditawarkan oleh ESRI yang berbasis platform keselurihan sehingga peta tersaji di web (mengijinkan peta interaktif untuk disisipkan pada website), aplikasi mobile dan produk office.

Apa Itu ArcGIS Online ?

ArcGIS Online bolehdikatakan sebagai “Youtubenya Pemetaan”. Pengguna mengupload data dan membuat peta web lewat servis. Difokuskan pada enterprise dan peta web yang dibuat dengan servis tadi dapat dibagikan via aplikasi mobile. Dengan servis berbasis langganan mengijinkan tingkat keamanan berbeda tergantung pengguna dan dapat diatur lewat akun ArcGIS Online

heatmapexcel

Esri Maps for Office

Esri Maps for Office memperluas kemampuan sharing peta ArcGIS ke produk microsoft office. Peta yang dipublikasikan via ArcGIS Online dapat dibawa ke MS Excel dan pemetaan data didalam Excel dapat di porting ke ArcGIS Online. Termasuk titik (lokasi geocoding) dan area dapat dipetakan dan ditampilkan didalam Excel. Data titik dapat dikelompokkan untuk kemudahan pembacaaan dan peta panas dihasilkan untuk menunjukkan area dengan konsentrasi tinggi.

Peta statik (gambar hasil tangkapan dari data yang terpetakan) dan peta interaktif dapat dilihat tidak hanya di Excel tetapi produk Office lainnya seperti Powerpoint.

Program pemetaan di Excel berbeda dengan plugin lainnya ang sejenis di luar sana, yaitu memberikan kemampuan untuk memetakan area yang telah ditentukan, dibandingkan hanya terbatas pada standar batas negara, atau propinsi, area yang terpilih dapat dihubungkan dengan tabel yang sesuai melalui data yang diupload dari ArcGIS Online.

Data dari banyak tabel dalam Excel yang sama dapat dipetakan bersamaan. Semua data yang dihubungkan didalam Excel dari database eksternal dapat juga dipetakan. Pemetaan dapat difilter menjadi bagian dalam sebuah tabel saja.

Peta yang dibuat di Excel dapat dibagikan di ArcGIS Online, yang mana, mengijinkan pengguna untuk mendistribusikan peta tersebut dengan menyisipkannya pada website atau aplikasi mobile.

Untuk lebih jelasnya dapat melihat seminar online gratis di SINI (Registrasi gratis).  Untuk mencobanya anda dapat mendownload ESRI Maps for Office DISINI dan juga langgakan ArcGIS Online, untuk trialnya dapat dicoba DISINI.

Kedepannya akan ditambah kemampuan offline (untuk sekarang diperlukan koneksi internet untuk mengakses komponen pemetaan), dan juga kemungkinan versi gratis / lite.

 sumber : GISlounge

 

Tinggalkan Pesan