Membuat Peta Dengan Excel

Kemampuan Excel untuk membuat peta sederhana dapat anda temukan pada produk lama microsoft office mulai versi 2000 ke bawah.

Setelah versi 2000, microsoft meluncurkan produk Mappoint untuk pembuatan petanya. okey kita uraikan satu persatu,

 

1. Membuat Peta Dengan Excel 2000 ke bawah

 

Excel versi 2000 ke bawah mempunyai fitur untuk membuat peta sederhana. pertama buat atau load file yang kompatibel dengan Excelnya, seperti dbf, comma delimited, atay file tabel lainnya yang intinya bisa dibedakan antara kolom dan barisnya di excel

excel1

Setalah data diload atau telah dibuat di excel maka anda harus memilih kolom yang mengandung data yang akan dipetakan, pilihlah dengan mendrag kursor pada kolom yang ingin dipetakan, pilih nilai yang menarik seperti nama kota, nama jalan dan sejenisnya

excel2

Dengan kolom data telak dipilih masuk ke menu “Insert a map..”, kursor akan berubah menjadi crossbar. Kemudian di bagian worksheet yang ingin diberikan peta, dengan mouse anda buat kotak sebagai area peta (drag dan klik dari pojok ke pojok membentuk kotakan), Excel akan otomatis mencocokkan nama batas dengan template peta yang ada, jika tidak ada maka akan keluar GUI yang memungkinkan kita memilih , Jika nama tidak ada maka anda dapat melewatkan penamaan dan mengasosiasikan dengan nilai yang ada.

 

 

 

excel3

 

excel4

 

excel5

2. Membuat Peta Dengan MapPoint dan Excel

 

Produk microsoft yang dikususkan untuk pembuatan peta adalah Mappoint, dengan adanya produk ini, praktis fungsi peta di excel telah hilang, tetapi jika anda mempunyai data excel dan mempunyai mapoint, anda dapat bertukar data untuk membuat peta di dokumen excel tersebut. Langkahnya sebagai berikut :

a. Organisasikan data excel anda untuk mendapatkan gambaran terbaik

mapoint1

cara yang paling mudah adalah dengan meringkas data anda,  kemudian copy data sekaligus headernya (nama kolom) yang ingin anda jadikan peta.

b. Membuat Peta di MapPoint

mapoint2

di MapPoint, paste data anda ke dalam peta. Anda dapat membuat peta dari awal atau menggunakan peta yang sudah berisi data lainnya. MapPoint otomatis mengenali data geografis dan memulai Data Import Wizard. GUnakan wizard ini untuk memilih tipe peta , kolom yang ingin dimunculkan dan kustomasi lainnya.

 

c. Mengkopi Gambar Peta Kembali Ke Excel

Dari menu PamPoint, klik copy untuk memilih hanya pada map detail atau klik copy map untuk memilih map detail dan legenda di sebelah kirinya.

Pindah ke Excel, buka worksheet target, kemudian paste peta tersebut, peta akan berwujud bitmap

Atau bisa juga data di link dari excel ke peta dengan prosedur sebagai berikut :

mapoint3

– Simpan peta di MapPoint

– Di Excel, klik Object (Text group, pada Insert tab)

– Pada boks dialog Objek, klik tab Create from File.

– Browse ke peta dan pilih cek boks Link

 

3. Membuat Peta Dari Excel Menggunakan Plugin

 

Kemampuan pemetaan tidak selalumemerlukan software GIS, ada beberapa solusi plugin baik gratis maupun berbayar sehingga kita bisa memetakan didalam Excel secara langsung. Dengan bekerja secara langsung di dalam Exel, perubahan data dapat langsung terefleksikan ke peta.

Mapcite menawarkan plugin untuk Excel yang gratis, bisa melakukan geocoding dan pemetaan langsung. peta dasar dan geocoding diambil dari data Bing sehingga perlu koneksi internet. data peta tetap terkoneksi dengan tabel excel sehingga update data menjadi realtime. Tabel yang banyak dapat dietakan dan data dengan mudah difilter dan dipotong. Peta kepadatan dapat dengan mudah dibuat. Seleksi spasial dapat juga dioperasikan.

mapcite

Esri baru-baruini mengeluarkan plugin Esri Maps for Office yang memungkinkan pemetaan didalam excel dengan berhubungan ke ArcGIS Online. Lokasi titik dapat digeocoding dan area terpilih dapat dipetakan dengan data yang distreaming dari data di ArcGIS online.  Peta sebaran, filter sebagaian data dan berbagi peta statis dan interaktif kepada produk office yang lain dapat dilakukan. Diperlukan langganan ArcGIS online untuk menggunakan fitur-fitur di plugin ini.

BeGraphics menawarkan plugin gratis dan berbayar untuk Excel dan powerpoint. versi gratis membatasi pada 100 shape. Plugin ini menawarkan pustaka 10.000 peta dan plugin ini nampaknya lebih condong ke pemetaan tematik dengan merelasikan data dengan tempat.. tidak ditemukan fungsi geocoding. Peta sendiri dapat dikostumasi dengan sangat baik, cocok untuk penekanan pada visualisasi spasial.

begraphics

Mapland menawarkan data berbasis negara  , plugin ini merupakan pilihan yang tepat, kompatibilitas sampai ke versi excel 97 dan menyediakan data US dan dunia berdasarkan benua. Data yang lebih detail dapat dibeli terpisah.

mapland

Jika anda mempunyai satu tabel excel, dan menginginkan pemetaan satu kali saja dan tidak ingin membuang waktu dengan mendownload plugin dan mempelajarinya anda dapat menggunakan jasa pemetaan data excel berbasis web. Batchgeo adalah salah satu contoh populer untuk ini, cukup dengan kopi – paste data dari excel ke web, serta dapat memetakan sampai 3000 catatan untuk versi gratisnya, hasilnya adalah file KML yang dapat didownload. Peta yang dihasilkan akan kedaluarsa setelah 60 hari tidak digunakan.

Sumber : GISLounge

 

Tinggalkan Pesan