Membuat Peta Dengan Google Maps Engine Lite

Google meluncurkan Google Maps Engile Lite, yang mana kita bisa membuat peta berbasis Google map. Didesain simpel dan mudah digunakan oleh orang awam.

Membuat data geografis dapat dilakukan dengan dua metode yaitu : digambarkan secara langsung diatas basemap (peta dasar) atau mengimport data tabel yang mengandung data geografis seperti koordinat.

Pengguna dapat melakukan anotsi secara langsung pada peta, bisa memilih menempatkan tanda dan garis dengan klik dan menggambar pada peta dasar.

Data yang diimport dalam format tabular akan di geocode setelah pengguna memilih kolom mana yag mengandung lokasi atau informasi alamat. Data geografis dapat diimport menggunakan tiga metode. metode pertama adalah drag dan drop file CSV atau XLSX, Import Map yang sudah ada, atau mengambil data tabel dari Google Drive. Google Maps Lite memang didesain untuk proyek yang sangat kecil, Sebag  ai contoh memilih untuk mengambil data tabular dari Google drive dan kita diberi peringatan pembatasan 100 record saja. Ketika mengambil data tabel ada peringatan bahwa hanya 100 record yang bisa terambil. Jika mencoba untuk mengambil data dari file KML mengeluarkan error, kemungkinan jenis file ini memang tidak di dukung.

lite-2.png

Setelah data ditambahkan, apakah menggunakan metode manual atau dengan mengimport tabel, layer dapat dengan mudah disimbolisasikan. Inilah keunggulan utama Google Maps Engine Lite, kemudahan dalam simbolisasi dan label.

Simbolisasi data daat diubah dalam tab style. Data dapat disimbolisasikan secara masal atau berdasarkan kategori. Jenis tanda/marker individu dapat diubah dengan menyeleksi nilai yang ingin diubah.

Memilih tab data mengijinkan pengguna untuk memeriksa dn mengedit satu persatu nilai data, menghapus ata menambah kolom informasi.

banyak tabel bisa ditambahkan sebagai layer tambahan. layer dapat dihidupkan atau dimatikan dengan memilih centang disebelahnya.

Ada beberapa pilihan untuk peta dasar, dari peta dasar standar warna dari Google sampai berbagai macampeta dasar hitam putih dan netral.

google-engine-lite.png

Setelah peta telah disesuaikan stylenya, maka share dan menyisipkan pada halaman web lain merupakan hal yang mudah. Pada pojok kanan atas terdapat tombol hijau share yang mana pengguna dapat menyesuaikan prifasi yang dikehendaki (untuk dapat di embed, harus di setting publik). Peta pribadi dapat di share secara langsung kepada pengguna yang dikehendaki dan memerlukan akun Google untuk mengaksesnya.

share-map

Selamat mencoba , ehehehehehe

 

Sumber : Situs GISLounge

Tinggalkan Pesan