Optimasi Citra dengan Tool Interactive Histogram Stretch di ArcGIS

Tool Interactive Histogram Stretch  dapat ditemukan pada window Image analysis dan mengijinkan kita untuk mengatur nilai histogram minimum dan maksimum untuk setiap saluran, dengan menyesuaikan ekor dari histogram, anda dapat mengatur kurva histogram yang direntangkan melewati tampilan.

IntHist01

Kenapa kita menggunakan tool ini?

Jika ekor dari histogram terlalu jauh dari nilai minimum dan maksimum (jangkauan kedalaman bit), citra tidak akan terender dengan optimal. Dengan pengaturan interaktif menggunakan tool ini maka citra akan dirender dengan kontras lebih banyak pada nilai piksel yang tertampil, sehingga kita bisa melihat lebih banyak data dengan lebih detail.

terlihat pada citra, sebelah bawah menggunakan histogram default. piksel hanya mencakup porsi kecil dari jangkauan kedalaman bit.

LS_defHist_sm1

Citra sebelah bawah mempunyai nilai minimum dan maksimum yang telah disesuaikan, garis putus-putus tidak lagi pada 0 dan 255, tetapi diciutkan hanya pada erea dimana histogram muncul, karena fokus hanya pada daerah histogram, kita bisa melihat kontras citra lebih baik

LS_editHist2_sm

 

Sumber : Blog ESRI

 

Tinggalkan Pesan