Tutorial Membuat Peta Untuk Dicetak Menggunakan QGIS

QGIS salah satu software open source GIS mempunyai tool Print Composer yang memungkinkan kita menyusun layer GIS dan membuat peta siap cetak. Fitur tool ini sangat banyak tapi kadang kurang intuitif, mari bersama-sama kita bahas mengenai tool ini sembari belajar layout di QGIS. Kita akan menggunakan dataset Natural Earth khususnya kit Natural Earth Quick Start Kit.

1. Download dan ekstrak data tersebut, kemudian buka dengan QGIS (Open Project), buka file dengan ekstensi .qgs.

2

2. Kita akan mencoba untuk membuat peta daerah Jepang, klik tombol Zoom In di daerah sekitar Jepang. ketika daerah sudah tepat, klik pada tombol New Print Composer.

4

3. Akan muncul window Print Composer, pada tool ini terdapat 3 tool utama. menu pada bagian atas yang memeberi anda akses pada berbagai macam elemen dan kontrol peta. Area utama merupakan kanvas kosong dimana kita bisa menyususn peta kita. bagian kanan ada panel dengan dua tab : komposisi dan Properti item.

5

4. Pada tab Composition di panel kanan, anda akan melihat opsi Paper dan Snapping. biarkan saja untuk sekarang. Klik pada tombol “Add new map”.

6

5. Klik dan tahan tombol kiri mouse dan buat kotakan dimana kita akan memasukkan peta.

7

6. Anda akan melihat kotak di kanvas QGIS. Karena kita ingin membuat peta yang full sampai ke pinggir kertas, tarik pojokan dari kotak ke pinggir kertas.

8

7. Lakukan pengaturan pada level zoom dan pusat dari peta.  Klik Layout > Move Content. Klik did alam kotak dan geser sampai peta tepat di tengah.

9

8. Untuk melakukan zoom, bisa menggunakan scroll mouse atau menggunakan tab Item Properties dan ganti Scale valuenya.

10

9. Untuk menambahkan orientasi klik Layout > Add Image.

11

10. Klik kiri tahan mouse, buat kotakan di bagian pojok kanan¬† atas kanvas peta. klik tab Item Properties dan pilih orientasi yang disuka, kemudian klik tab “General Options” di bagian bawah.

12

11. Tab “General Options” mengontrol warna, ukuran dan lain-lain. Geser slider Opacity ke kiri untuk membuat gambar menjadi trnasparan. Hilangkan tanda centang pada “Show frame” untuk menghilangkan garis.

13

12. Menambah skala garis, klik Layout>Add scalebar

14

13. Dari tab Item Properties, pilih style yang cocok, kemudian kita bisa juga mengatur transparansi via General Options seperti obyek lainnya.

15

14. Sekarang tambahkan legenda, Klik Layout > Add Legend

16

15. Karena daftar layer yang banyak, kita akan melihat kotak besar dengan semua layer did alamnya.

17

16. Klik pada tab Item Properties dan pilih layer yang ingin kita hapus, kemudian klik tombol ” – “.

18

17. Untuk menambah label, klik Layout > Add Label

20

18. Klik pada peta dan buat kotak untuk menempatkan label. pada tab Item Properties masukkan teks , klik tombol font untuk mengatur ukuran tulisan.

21

19. Jika sudah puas dengan hasilnya, eksport ke gambar, PDF atau SVG.

22

sumber :

http://qgis.spatialthoughts.com/

Tinggalkan Pesan