Transformasi Rasio Citra Landsat

Hello lagi semuanya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai transformasi rasio di Landsat. Proses ini akan mereduksi efek dari lingkungan sekitar. Rasio juga memberikan kita informasi dan reflektan spektral yang samar atau perbedaan warna antara material permukaan yang sering sukar untuk dideteksi dengan citra standar, juga sangat berguna untuk membedakan antara tanah dengan vegetasi.

Jumlah kombinasi rasio untuk sensor multispektral dengan saluran sejumlah X adalah n = X(X-1), jadi untuk Landsat TM dengan saluran reflektans 6 buah mempunyai tiga puluh Kombinasi rasio, 15 asli dan 15 Resiprokal. Untuk kali ini akan diterangkan sepuluh rasio band yang mengidentifikasi fitur LULC

TM3/TM4: Rasio ini mendefinisikan lahan tandus dan area urban, tetapi tidak bisa mendefinisikan tubuh air, hutan dan pertanian.

TM4/TM3: Rasio ini membedakan Vegetasi, air, dan pertanian. Meningkatkan beda antara hutan dan lahan tandus. Dikarenakan hutan dan vegetasi memberikan nilai reflektans yang tinggi di zona IR (0.63-0.69u m). Rasio ini mendefinisikan distribusi vegetasi, semakin terang warnanya maka semakin banyak vegetasinya.

TM5/TM7: Rasio ini membedakan daratan dan perairan. Karena tanah mempunyai absorbsi kuat di saluran 7 (2.08 -2.35u m) dan pantulan tinggi di saluran 5 (1.55 – 1.75u m), maka tanah akan terbedakan dengan kuat di rasio ini. Lahan akan mempunyai rona lebih cerah dan perairan berwarna gelap.

TM2/TM3: Rasio ini membedakan antara pertanian, lahan tandus dengan tajam, tetapi tidak membedakan lahan pertanian, hutan dan tubuh air. Hutan dan tubuh air mempunyai rona cerah dan lahan tandus berwarna gelap. Rasio ini tidak meningkatkan keterbedaan dari area urban. Klorofil mempunyai pantual kuat di saluran 3(0.63 -0.69u m), Vegetasi mempunyai tone yang kuat.

TM3/TM2: Rasio ini membedakan hutan dan pertanian, karena saluran 3 (0.63-0.69m m) merupakan saluran serapan klorofil merah dari vegetasi hijau sehat dan saluran 2 (0.52-0.69m m) merupakan saluran pantulan untuk permukaan daun. Rasio ini dapat digunakan untuk membedakan berbagai macam vegetasi, Pertanian akan nampak lebih cerah dan hutan akan nampak gelap.

TM4/TM5: Meningkatkan perbedaan untuk tubuh air, vegetasi dan keberadaan kelembaban pada pertanian. Tubuh air terlihat gelap dan vegetasi aterlihat cerah, karena air penyerap terkuat pada IR dekat (saluran 4) dan pantulan tinggi pada saluran 5, sangat berguna untuk membedakan tubuh air dan lahan.

TM5/TM4: Membedakan tubuh air dengan hutan, lahan tandus dan vegetasi. Pada rasio ini perairan akan nampak gelap dan hutan, lahan tandus dan pertanian terbuka mempunyai warna cerah.

TM5/TM7: Membedakan antara tubuh air dan tanah. Meningkatkan keterlihatan akan kelembapan di area pertanian. Semua tubuh air terlihat gelap. Saluran 5 dan 7 sensitif terhadap variasi kelembapan pada tanah dan vegetasi. Rasio ini juga berguna untuk studi kekurangan air pada pertanian dan ketahanan tanaman.

TM3/TM5: Rasio ini meningkatkan keterbedaan lahan tandus, jalan raya, pola jalan didalam area urban dan pembangunan urban atau daerah yang disemen. Tidak bisa membedakan air jernih tetapi bisa membedakan air keruh. Rasio ini berguna untuk meneliti tingkat kekeruhan air. Lahan tandus, jalan raya, urban dan area trbangun berwarna cerah dan hutan , tubuh air, serta pertanian berwarna gelap.

TM7/TM2: Rasio ini memisahkan antara hutan dan pertanian, tetapi tidak bisa memisahkan antara hutan dan tubuh air, kedua fitur berwarna gelap. Meningkatkan keterbedaan jalan raya, urban dan area terbangun serta pertanian yang terlihat cerah.

Sumber :

http://web.pdx.edu/~emch/ip1/bandcombinations.html

Tinggalkan Pesan