ArcGIS 9.3

Halo semua pemerhati GIS

tulisan ini sebenarnya sedikit ada kekeliruan, kalo anda cermati saya telah terlebih dahuli mereview service pack 1 untuk produk ini beberapa waktu lalu, padahal produknya utamanya sendiri baru saya review hari ini, mohon dimaafkan. bukannya tanpa alasan, penulis berkeinginan mencoba terlebih dahulu software ini setelah cukup matang biasanya setelah service pack 1 keluar. secara pribadi, penulis masih memakai ArcGIS 9.2 yang sekarang sudah sampai service pack 6, dan menurut penulis sudah sangat stabil dan matang

pada bulan Agustus lalu kalo tidak salah. ESRI meluncurkan versi 9.3 dari jajaran produknya, meliputi ArcGIS Desktop, ArcGIS Server, ArcGIS Engine, Arcinfo worsktation, ArcSDE, dll.

Hal utama yang ditawarkan pada versi ini adalah kompatibilitas penuh pada semua jajaran produk ESRI dengan windows vista. selain itu support penuh untuk versi prosesor 64 bit baik dari intel maupun AMD.

dari lini produk ArcGIS 9.3 server telah dikembangkan suatu API Javascript ArcGIS yang memudahkan pengguna untuk membuat, dan mengembangkan web gis. kita dapat dengan mudah mnengkombinasikan data, peta dan geoprosesing kita dengan aplikasi online dari arcgis. ekstensi Javasrcipt ArcGIS memudahkan kita untuk mengkombinasikan konten dari Google Map dan Microsoft Virtual Earth. kita juga dapat membuat konten aplikasi web yang kaya dengan interface yang dinamis dengan menggunakan Adobe Flex dan API dari Arcgis untuk adobe. REST API juga mengiujinkan kita untuk membuat aplikasi web pada lingkungan berbeda seperti di MS Silverlight.

selain itu ArcGIS 9.3 server juga menawarkan kemudahan dalam fast drawing dan kemudahan dalam pembuatan cache data untuk beragam aplikasi.

pada versi ini juga disertakan kemampuan untuk mengeksport data ke dalam format KML (format vektor di Google Earth dan aplikasi webgis populer lainnya). selain itu map service yang dipublikasikan dengan arcgis server 9.3 dapat langsung di akses dengan URL seperti google earth. selain itu semua hasil geoprocessing, geocoding, serta query dapat di akses oleh pengguna dalam format KML. pengguna juga dapat menggunakan search engine populer seperti google untuk publikasi webgis anda.

Arcmap 9.3 memberikan dukungan konversi dari grafik ke feature sehingga tidak perlu membuat data dengan mengaktifkan editing. kita juga bisa mempause labelling sehingga render gambar menjadi lebih cepat. Legenda secara otomatis mempunyai warna yang lebih cerah sehingga dapat berpadu dengan transparansi layer. field alias dapat dipertahankan ketika kita join data serta dapat melakukan pengurutan pada beberapa beberapa filed sekaligus. pesan error geoprecessing sekarang mempunyai link menuju ke detail penjelasan error. dan juga MS Virtual Earth sekarang telah didukung sebagai salah satu sumber data Arcgis.

Sekarang kita dapat memberikan aturan untuk setiap pengguna yang mengakses pada web service kita dengan salah satu fitur dari arcgis server. kita dapat mengkonfigurasinya di tab securities di arcgis server. dan juga diperkenalkan pula pengamanan berbasis token pada aplikasi web.

kita dapat mengimplementasikan ArcSDE geodatabase multi user ke dalam PostgreSQL. serta mendukung filetype ESRI serta PostGIS. pengguna ArcGIS 9.3 dapat langsung berkoneksi dengan ArcSDE geodatabase versi 9.2, 9.1, dan 9.0. juga terdapat viewer baru untuk komparasi versi dan pilihan konflict resolution.

pada versi 9.3 ini diperkenalkan pula kemudahan untuk penggunaan mobile device dalam bidang gis. kita dapat mensinkronkan server arcgis kita dengan perangkat genggam dan melakukan deploy data, peta dan lain-lain ke dalam perangkat mobile kita.

demikian tadi sedikit overview dari versi terbaru ArcGIS 9.3. uraian diatas merupakan gambaran kasar dari semua peningkatan yang dapat anda temukan di versi terbaru ini. untuk lebih jelasnya, anda dapat mendownload langsung PDF penjelasan produk ArcGIS 9.3 di :

Whats New In ArcGIS 9.3

Tinggalkan Pesan