Fakta Pemanasan Global

gbr1

Pemanasan Global, sebuah isu yang diperdebatkan oleh semua manusia, dikarenakan isu ini menyangkut beberapa kepentingan, dan biasanya terbagi menjadi dua kubu. kubu pro lingkungan dan kubu pro ekonomi yang notabene menolak hal ini.

APAKAH PEMANASAN GLOBAL ITU TERJADI???

Ya, tentu saja. kita dapat melihat adanya pemanasan global dengan melihat tanda-tandanya di alam sekitar/lingkungan kita.
fakta-fakta yang dapat kita lihat di sekeliling kita yaitu :

1. rata-rata temperatur di dunia meningkat 1,4 Derajat Fahrenheit atau 0,8 derajat Celcius sejak tahun 1880, dan meningkat baru-baru ini, berdasarkan NASA.

2. Rata-rata munculnya hari panas bertambah. pada abad ke 20 ini saja, dua dekade terakhir merupakan yang terpanas selama 400 tahun ini, dan dimungkinkan merupakan waktu terpanas dalam beberapa milenium, menurut beberapa studi iklim. IPCC melaporkan bahwa 11 dari 12 tahun baru-baru ini merupakan tahun terpanas sejak 1850

3. daerah Kutub utara paling merasakan efek pemanasan global. temperatur rata-rata di Alaska, Kanada Bagian Barat dan Rusia bagian Timur meningkat dua kali lipat dari rata-rata dunia (menurut laporan Penilaian Dampak Peribahan Iklim terhadap Kutub Utara kompilasi 2000 – 2004)

4. Es kutub utara menghilang secara cepat, area ini untuk pertama kalinya akan bebas es pada tahun 2040 atau sebelumnya. beruang kutub dan budaya setempat telah merasakan akibat dari hilangnya es ini.

5. Gletser dan salju di gunung meleleh dengan cepat. sebagai contoh Taman nasional Montana sekarang hanya mempunyai 27 gletser, dibanding 150 pada tahun 1910. di daerah belahan bumi utara, pencairan es datang beberapa minggu lebih awal di musim semi dan pembekuan datang beberapa minggu kemudian

6. terumbu karang, yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu air, akan menderita dan mati dan terekam pada tahun 1998, dimana beberapa area terumbu terlihat memutih dengan tingkat sampai 70%. para ahli mengatakan kejadian ini akan meningkat seiring dengan peningkatan suhu air laut

7. peningkatan kejadian cuaca yang ekstrim, seperti gelombang panas, badai tropis kuat, kebakaran, merupakan salah satu tanda terjadinya perubahan cuaca dan iklim


APAKAH PENYEBAB SEMUA INI??? APA MANUSIA JUGA PUNYA PERANAN???

Ya……. lebih dari 2500 peneliti dari 130 negara, menyimpulkan bahwa manusia berperan paling besar terhadap perubahan iklim dunia dan pemanasan global

1. industrialisasi, penebangan hutan, dan polusi meningkatkan konsentrasi karbon dioksida, metana, dan natrium oksida. semua gas rumah kaca itu memerangkap panas di permukaan bumi

2. Manusia mengeluarkan karbon dioksida ke atmosfer lebih cepat dari pada penyerapan tanaman dan laut

3. Gas rumah kaca tinggal di atmosfer selama beberapa tahun, sehingga walaupun emisi itu dihilangkan hari ini, tetap tidak akan menghentikan pemanasan global.

4. beberapa ahli menyatakan bahwa bumi memang mempunyai kecenderungan memanas atau mendingin selama ratusan ribu tahun sekali, sebagai contoh terjadinya zaman es pada ribuan tahun yang lalu, tetapi perubahan kali ini lebih cepat dari perkiraan.

5. variasi dari sinar matahari seperti bintik matahari juga memberi peran pada pemanasan global.

APA YANG AKAN TERJADI ???

laporan dari IPCC pada April 2007 mengingatkan bahwa pemanasan global akan menjurus pada kekurangan makanan dan air secara global dan kehancuran lingkungan

1. muka air laut akan naik 18 – 29 cm pada saat abad ini berakhir. IPCC melaporkan jika muka air laut naik 10 cm saja, akan menyebabkan banjir di kepulauan selatan dan rawa di asia tenggara

2. beberapa juta manusia hidup di daerah dengan ketinggial 1 meter dari permukaan air laut, dan banyak juga yang hidup di daerah pantai akan terkena dampak.

3. Gletser seluruh dunia dapat meleleh sehingga daratan akan kekurangan air bersih dan air laut akan meluap.

4. Badai, gelombang udara panas, kebakaran, banjir dan bencana alam lainnya akan terjadi lebih sering. dan juga pertumbuhan padang pasir yang makin cepat.

5. lebih dari jutaan makhluk hidup akan punah karena habitat yang telah hilang, ekosistem yang berubah dan laut yang semakin asam.

6. sistem sirkulasi laut, dikenal dengan sabuk konveksi laut, dapat secara permanen terhenti dan menyebabkan zaman es mini di eropa barat.

7. Pada zaman mendatang, pemanasan menjadi tidak terkontrol dan menimbulkan umpan balik positif. meningkatnya temperatur dapat melepas banyak gas rumah kaca dari permafrost dan es yang mencair dan sebelumnya banyak menjebak gak rumah kaca di dalamnya.

WASPADALAH…..WASPADALAH….

regards,
GISFREAK

Tinggalkan Pesan