Arcgis for Autocad v 1.0

Dulu CAD dan GIS sangat sulit untuk dipadukan. terdapat kesulitan untuk memadukan dua hal ini menjadi satu kesatuan baik secara aplikasi maupun dalam suatu workflow yang terpadu.

beberapa aplikasi sekarang mencoba untuk menghilangkan itu. sebagai contoh Autodesk dengan salah satu produknya yaitu Autodesk 3D Map 2009 yang mencoba memadukan keunggulan CAD dengan GIS, dimulai dengan dukungan untuk mebuka, editing, dan query secara langsung untuk format GIS terkenal seperti SHP dari ESRI dapat dilakukan dengan Autodesk 3D Map 2009 ini. bahasan untuk ini akan saya uraikan dalam kesempatan yang berbeda.

untuk pengguna Autocad, yang notabene merupakan software CAD umum, yang belum mempunyai dukungan untuk format-format GIS, ESRI telah memberikan solusi ekstensi praktis dan gratis untuk itu.

ArcGIS untuk AutoCAd merupakan tool simpel dan sangat mudah digunakan untuk para pengguna Autocad untuk mengakses informasi GIS dan hasil dari analisisnya.

ekstensi ini memberikan kemampuan bagi para pengguna AutoCAD untuk mengakses data dari ArcGIS server dan menganalisisnya di dalam lingkungan AutoCAD, tanpa perlu melakukan konversi data. kesulitan yang dulu sering ditemui seperti konversi simbologi, data koneksi khusus, konversi , dan lain lain tidak akan mengganggu lagi.

Fungsi dari ekstensi ini antara lain :

1. membuka dan melihat peta GIS secara live, dan juga penggambaran simbolisasi GIS di lingkungan AutoCAD

2. mengikutsertakan hasil analisa GIS di dalam desain CAD

3. mengikutsertakan peta dasar GIS ke dalam produk kerja AutoCAD

4. mengakses atribut dari dalam AutoCAD secara langsung ke dalam database GIS menggunakan tool identify

5. mendefinisikan sistem koordinat di dalam AutoCAD untuk memproyeksikan peta secara on-the-fly tanpa melakukan konversi

6. mengakses konten dari ArcGIS online dari dalam AutoCAD

Anda dapat mendownload ekstensi gratis ini dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di ESRI secara gratis dan login setelah itu kunjungi halaman :

Download ArcGIS for AutoCAD v 1.0

Tinggalkan Pesan