Ekstraksi Fitur Obyek Dengan iTwin Capture Modeller 2023

Aplikasi desktop ContextCapture dari Bentley berganti nama menjadi iTwin Capture Modeler. Merupakan aplikasi desktop yang memungkinkan untuk membuat data realitas (3D) yang siap secara keteknikan—seperti jaring 3D, Point Cloud yang terklasifikasi, dan orthophoto dengan berbagai ukuran dan resolusi menggunakan kamera digital, pemindai, atau perangkat pemetaan seluler apa pun.

Extract Features menggunakan detektor yang dilatih dengan pembelajaran mesin (Machine Learning/ML), untuk secara otomatis mengekstrak informasi dari foto, point cloud, dan Mesh. Bisa langsung memulai mengekstrak fitur dari data yang merupakan bagian dari proyek iTwin Capture Modeler (mis. foto, blok, produksi point cloud, reality meshes) atau sebagai alternatif, dapat juga Mengekstrak Fitur pada data 3D yang bukan dari proyek iTwin Capture Modeler. Cara ini adalah alur kerja yang lebih advance dan memerlukan pembelajaran tentang format ContextScene.

Alur kerja ekstraksi fitur Obyek

Alur kerja untuk ekstraksi fitur terdiri dari beberapa langkah. Dalam contoh ini, deteksi objek 2D digunakan, tetapi prinsipnya sama untuk semua jenis ekstraksi Fitur.

1. Mulai alur kerja ekstraksi fitur menggunakan ikon “plus” di tampilan pohon proyek Anda dan klik “Extract Features”

menu ekstrak fitur

 

  1. Pilih jenis ekstraksi fitur obyek Anda.

menu ekstrak fitur

 

  1. Pilih data masukan, detektor yang akan digunakan dan pengaturan tambahan bila diperlukan.

menu detektor

 

  1. Tekan “Create”, ini akan menambahkan “Analysis System” baru di tampilan hierarki proyek

analisis

  1. Buka tab Setting dari item Analysis dan sesuaikan pengaturan jika perlu (misalnya, ubah wilayah yang diinginkan untuk mendeteksi hanya pada subbagian di data Anda).

analisis1

6. Tekan tombol Submit untuk memulai analisis. Pilih format keluaran Anda dan tekan Submit.

  1. Tinjau kemajuan di tab Overview

overview

8. Buka tab “Result” untuk memvisualisasikan hasil Anda saat pemrosesan selesai. Hasil akan ditampilkan dalam tampilan 2D atau 3D tergantung dari jenis output yang dihasilkan.

hasil

Tinggalkan Pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Maaf, anda dilarang mengkopi konten halaman ini.