Menghitung Obyek di ENVI Bagian 1

Feature Counting Tool dapat digunakan untuk menghitung hingga 5000 fitur individual dalam data raster dan vektor. Contoh penggunaan Feature Counting Tool termasuk untuk menghitung jalan, bangunan, tubuh air, pohon, dan ternak.

Anda dapat membuat jenis obyek yang terpisah dan menghitung setiap jenisnya. Misalnya, buat satu jenis untuk badan air dan yang lainnya untuk bangunan. Anda juga dapat menampilkan kotak pada citra dan menghitung dalam area kotak. Ini berguna untuk citra besar, di mana banyak pengguna perlu melakukan penghitungan obyek dalam berbagai area citra.

Hitung dan Kelola Obyek

A. Klik tombol Feature Counting Tool. Layer Penghitungan Obyek ditambahkan ke Manajer Layer, dan dialog Feature Counting Tool muncul dengan pengaturan default berikut. Anda dapat mengubah default.

    • Feature 1 adalah nama grup fitur pertama. Nama muncul sebagai label dalam tampilan jendela Gambar jika kotak centang Label diaktifkan. Untuk mengubah nama, klik di kolom nama, masukkan nama baru, dan tekan tombol Enter.
    • Biru muda adalah warna grup fitur pertama. Obyek yang Anda klik untuk grup ini akan ditandai dengan simbol dan teks berwarna biru muda. Untuk mengubah warna, klik daftar drop-down Feature Color dari toolbar. Anda dapat memilih ENVI, Sistem, atau warna khusus yang telah ditentukan sebelumnya di tab Standar, atau pilih tab Kustom pada palet warna untuk membuat warna khusus.
    • Simbol diaktifkan, dengan balon sebagai simbol default yang akan terlihat dalam tampilan. Nonaktifkan kotak centang untuk menyembunyikan simbol.
    • Label diaktifkan sehingga label grup fitur akan terlihat di tampilan. Nonaktifkan kotak centang untuk menyembunyikan label.
    • Deskripsi dinonaktifkan secara default. Aktifkan opsi ini untuk menyertakan deskripsi titik dalam tampilan.
    • Hitung diaktifkan untuk menampilkan jumlah hitungan setiap obyek dalam tampilan. Nonaktifkan kotak centang untuk menyembunyikan hitungan.
    • Grid dinonaktifkan. Saat diaktifkan, kisi ditampalkan pada tampilan dan jumlah fitur akan mencakup nilai grid (A1, A2, dan sebagainya) dan nomor hitung (jika Nomor Hitung diaktifkan). Saat diaktifkan, ukuran grid standar adalah 4×4 piksel, tetapi Anda dapat mengubah ukuran grid dengan memasukkan nilai yang berbeda di kolom yang disediakan.
    • Koordinat dinonaktifkan secara default. Aktifkan opsi ini untuk menampilkan koordinat titik dalam tampilan. Ketika Koordinat diaktifkan, daftar drop-down di sebelah kotak centang memungkinkan Anda memilih unit untuk ditampilkan (File, Peta, Lat / Lon, atau MGRS).

B. Untuk menghitung obyek, klik obyek dalam tampilan, atau arahkan kursor ke obyek dan tekan tombol Enter. Catatan untuk fitur ditambahkan ke tabel Feature Counting Tool. Jika perlu, Anda dapat menghapus catatan obyek dengan menekan tombol Backspace. Jika Anda menggunakan pengaturan default dalam dialog Feature Counting Tool, simbol, label, dan jumlah akan ditampilkan dalam tampilan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tombol angka (1-9) pada keyboard Anda menyediakan pintasan untuk menambahkan poin untuk berbagai grup obyek. Misalnya, jika Anda memiliki empat obyek berbeda (Feature_1 hingga Feature_4), menekan tombol 3 akan menambahkan titik di bawah lokasi kursor untuk Feature_3.

C. Untuk pindah ke bagian gambar yang berbeda untuk melanjutkan penghitungan obyek, tekan dan tahan tombol tengah mouse untuk menggeser gambar. Atau, klik tombol Scroll View di toolbar untuk menggerakkan ke bagian gambar berikutnya. Jika Anda memilih ini, atau alat lain di toolbar (misalnya, Pilih atau Pan), Feature Counting tool akan kehilangan fokus. Untuk melanjutkan penghitungan fitur, klik lagi tombol Feature Counting tool.
D. Untuk membuat jenis fitur baru untuk dihitung, klik tombol Tambah Fitur.
Untuk membuat warna khusus:

    • Di tab Custom, gunakan tabel ruang warna untuk memilih warna, atau masukkan nilai R, G, B atau H, S, L di kolom yang disediakan.
    • Gunakan slider di bawah tabel ruang warna untuk mengatur gradien warna.
    • Klik OK untuk menambahkan warna baru ke bagian Warna custom pada tab Standar.

Untuk mengelola tabel Alat Hitung Fitur:

  • Secara default, rekaman untuk tempat yang ditandai muncul di tabel dalam warna yang ditentukan untuk obyek itu. Jadi, jika obyek 1 berwarna merah dan obyek 2 berwarna hijau, tabel akan menampilkan teks obyek 1 dan obyek 2 dalam warna masing-masing. Untuk menampilkan rekaman tabel hanya dalam teks hitam, pilih Options dari menu Feature Counting Tool dan matikan Colored Text in Table.
  • Koordinat default yang dimasukkan dalam tabel adalah MGRS. Untuk menampilkan koordinat dalam format lain, klik kanan salah satu kolom tabel dan pilih File x, y, Peta x, y, atau Lat / Lon untuk menampilkan koordinat yang dipilih di kolom tabel baru. Anda dapat memilih satu format koordinat, atau semua format, dan Anda dapat mematikan opsi koordinat apa pun yang tidak ingin Anda tampilkan di tabel.
  • Saat beberapa rekaman tercantum dalam tabel, Anda bisa mengurutkannya. Pilih kolom tabel, lalu klik kanan dan pilih  Sort by Original Order, Sort by Selected Column Forward, atau Sort by Selected Column Reverse.
  • Untuk melompat ke obyek yang dihitung dan menampilkan di tengah tampilan jendela Gambar, klik pada nomor baris rekaman itu. Anda juga dapat menggunakan tombol panah GoTo di bagian bawah dialog untuk menelusuri rekaman dalam tabel.
  • Untuk menghapus rekaman, pilih baris rekaman yang akan dihapus dalam tabel Feature Counting Tool, lalu klik tombol Hapus. Untuk menghapus semua catatan penghitungan obyek, klik tombol Hapus Semua.
  • Untuk menghapus obyek yang dipilih dan semua rekamannya, klik tombol Delete Feature. Untuk menghapus semua fitur dan catatannya, klik tombol Delete All Features .

 

Tinggalkan Pesan