Geo-GIS

Menghitung Obyek di ENVI Bagian 1

Feature Counting Tool dapat digunakan untuk menghitung hingga 5000 fitur individual dalam data raster dan vektor. Contoh penggunaan Feature Counting Tool termasuk untuk menghitung jalan, bangunan, tubuh air, pohon, dan ternak.

Anda dapat membuat jenis obyek yang terpisah dan menghitung setiap jenisnya. Misalnya, buat satu jenis untuk badan air dan yang lainnya untuk bangunan. Anda juga dapat menampilkan kotak pada citra dan menghitung dalam area kotak. Ini berguna untuk citra besar, di mana banyak pengguna perlu melakukan penghitungan obyek dalam berbagai area citra.

Hitung dan Kelola Obyek

A. Klik tombol Feature Counting Tool. Layer Penghitungan Obyek ditambahkan ke Manajer Layer, dan dialog Feature Counting Tool muncul dengan pengaturan default berikut. Anda dapat mengubah default.

B. Untuk menghitung obyek, klik obyek dalam tampilan, atau arahkan kursor ke obyek dan tekan tombol Enter. Catatan untuk fitur ditambahkan ke tabel Feature Counting Tool. Jika perlu, Anda dapat menghapus catatan obyek dengan menekan tombol Backspace. Jika Anda menggunakan pengaturan default dalam dialog Feature Counting Tool, simbol, label, dan jumlah akan ditampilkan dalam tampilan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tombol angka (1-9) pada keyboard Anda menyediakan pintasan untuk menambahkan poin untuk berbagai grup obyek. Misalnya, jika Anda memiliki empat obyek berbeda (Feature_1 hingga Feature_4), menekan tombol 3 akan menambahkan titik di bawah lokasi kursor untuk Feature_3.

C. Untuk pindah ke bagian gambar yang berbeda untuk melanjutkan penghitungan obyek, tekan dan tahan tombol tengah mouse untuk menggeser gambar. Atau, klik tombol Scroll View di toolbar untuk menggerakkan ke bagian gambar berikutnya. Jika Anda memilih ini, atau alat lain di toolbar (misalnya, Pilih atau Pan), Feature Counting tool akan kehilangan fokus. Untuk melanjutkan penghitungan fitur, klik lagi tombol Feature Counting tool.
D. Untuk membuat jenis fitur baru untuk dihitung, klik tombol Tambah Fitur.
Untuk membuat warna khusus:

Untuk mengelola tabel Alat Hitung Fitur: