Memotong Citra menggunakan SHP di ENVI

Pada artikel ini akan ditunjukkan cara untuk memotong gambar dari bentuk poligon yang telah dikonversi ke Region of Interest (ROI). Kasus penggunaan yang umum adalah hanya memproses piksel yang berada dalam batas geografis saja, seperti yang ditunjukkan gambar berikut. Ini bukan operasi “potong/clip” melainkan prosedur masking dimana piksel di luar batas shapefile diatur ke nilai NoData.

 

Contoh ini menggunakan gambar Landsat 5 TM dan poligon bentuk batas DAS Danau Maurepas di wilayah delta pesisir Sungai Mississippi Louisiana.

Pertama, Anda perlu membuat ROI dari bentuk poligon. Ikuti langkah ini:

a. Dari bilah menu ENVI, pilih File > New Region of Interest.
b. Di bilah menu ROI Tool, pilih File > Import from Vector.
c. Pilih file poligon saat diminta.
d. Dalam dialog Convert Vector to ROI , pilih Semua All Records to a single ROI atau Each record to a separate ROI, tergantung pada bagaimana Anda ingin mengekspor shapefile.
e. Dari bilah menu ROI Tool, pilih File> Save As dan simpan ROI ke file XML.

Sekarang Anda siap untuk subset citra. Selain secara manual mendefinisikan luasan spasial subset, ENVI menawarkan opsi lain untuk subset spasial seperti Subset by RasterSubset by Vector, dan Subset by ROI. Dua opsi terakhir menghasilkan subset persegi panjang yang didasarkan pada luasan geografis dari shapefile atau ROI. Subset termasuk piksel yang berada di luar shapefile atau ROI, misalnya:

 

Untuk membuat subset yang hanya berisi piksel data di dalam batas ROI (lihat contoh di awal artikel ini), Anda perlu membuat mask dari ROI. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat mask dan untuk subset gambar dengan ROI:

1. Dari bilah menu ENVI, pilih File> Save As> Save As (ENVI, NITF, TIFF, DTED).
2. Pilih file gambar, lalu klik tombol Spatial Subset.

3. Klik tombol Subset by ROI.
4. Pilih ROI saat diminta.
5. Dalam dialog Pemilihan File, klik tombol Mask.
6. Dalam dialog Pemilihan Mask, pilih file ROI dan klik OK.

7. Klik OK di dialog Pemilihan File.
8. Simpan mask raster ke file di disk.

Hasilnya akan terlihat mirip dengan gambar di awal artikel ini. Pixel putih diisi dengan nilai NoData. Perhatikan juga bahwa sistem koordinat berbeda antara citra Landsat dan ROI; namun, tidak perlu mengambil langkah tambahan untuk memproyeksikan ulang satu set data ke set data lainnya. ENVI secara otomatis memproyeksikan ulang ROI agar sesuai dengan sistem koordinat citra Landsat.

 

 

Tinggalkan Pesan