Indeks Umum pada Obyek Penginderaan Jauh

Modified Normalized Difference Water Index (MNDWI)

Indeks ini meningkatkan deteksi fitur air terbuka sambil menekan noise dari daerah dibangun, vegetasi, dan tanah. Xu (2006) menyatakan bahwa MNDWI menghasilkan hasil yang lebih baik daripada Normalized Difference Water Index (McFeeters 1996) dalam meningkatkan dan mengekstraksi fitur air dari daerah yang didominasi oleh area lahan yang terbangun.

Berikut adalah beberapa pedoman untuk menafsirkan hasil MNDWI:

  • Tubuh air memiliki nilai positif yang lebih besar daripada NDWI, karena menyerap lebih banyak panjang gelombang inframerah-pendek (SWIR) daripada panjang gelombang inframerah-dekat (NIR).
  • Daerah terbangun memiliki nilai negatif.
  • Tanah dan vegetasi memiliki nilai negatif, karena tanah lebih mencerminkan panjang gelombang SWIR daripada panjang gelombang NIR.

MNDWI pada awalnya dikembangkan untuk digunakan dengan band Landsat TM 2 dan 5. Namun, ia akan bekerja dengan semua sensor multispektral dengan pita hijau antara 0,5-0,6 ?m dan band SWIR antara 1,55-1,75 µm.

Normalized Difference Built-Up Index (NDBI)

Indeks ini menyoroti area perkotaan di mana biasanya terdapat tingkat pantulan yang lebih tinggi di wilayah gelombang inframerah pendek (SWIR), dibandingkan dengan gelombang inframerah dekat (NIR). Aplikasinya termasuk prediksi limpasan DAS dan perencanaan penggunaan lahan.

NDBI pada awalnya dikembangkan untuk digunakan dengan band Landsat TM 5 dan 4. Namun, itu akan bekerja dengan semua sensor multispektral dengan band SWIR antara 1,55-1,75 µm dan band NIR antara 0,76-0,9 µm.

Normalized Difference Mud Index (NDMI)

Indeks ini meningkatkan deteksi piksel air dangkal atau air dengan lumpur. Indeks ini awalnya dirancang sebagai filter untuk membuang fitur tersebut dan untuk meningkatkan akurasi koreksi atmosfer

Normalized Difference Snow Index (NDSI)

Indeks ini meningkatkan deteksi tutupan salju menggunakan kombinasi panjang gelombang inframerah (gelombang hijau) dan gelombang inframerah pendek. Versi NDSI ini pada awalnya dirancang untuk digunakan dengan MODIS band 4 (0,555 µm) dan 6 (1,64 µm). Namun, ini akan bekerja dengan semua sensor multispektral dengan pita hijau mulai dari 0,5 hingga 0,6 ?m dan pita SWIR1 mulai dari 1,55 hingga 1,75 ?m.

WorldView Built-Up Index (WV-BI)

Indeks ini menggunakan band WorldView-2 untuk menghitung Normalized Difference Built-Up Index (NDBI).

WorldView Non-Homogeneous Feature Difference (WV-NHFD)

Indeks ini menggunakan band WorldView-2 untuk mengidentifikasi fitur yang sangat kontras dengan latar belakang. Contohnya termasuk atap, kendaraan, dan permukaan beraspal.

WorldView Water Index (WV-WI)

Indeks ini menggunakan band di WorldView-2 untuk menampilkan area genangan air yang berukuran lebih dari satu piksel.

 

sumber:

http://www.harrisgeospatial.com/

Tinggalkan Pesan