Spesifikasi Visual Peta di ArcGIS

Spesifikasi visual, Ini terkait dengan standar simbologi dan label untuk menjaga konsistensi peta. SPesifikasi visual adalah tool yang terdapat pada ESRI Production Mapping untuk menstandarkan spesifikasi peta dengan menghubungkan simbol dan label ke atribut data menggunakan berbagai ekspresi logis. Aturan dapat diset mengenai bagaimana data harus tersimbolisasikan dan terlabeli sesuai spesifikasi. Aturan ini tersimpan dalam geodatabase.

Untuk standarisasi aturan kartografis, spesifikasi visual mendukung beberapa jenis alur kerja :

  • Mengelola representasi untuk semua data – Umumnya, membuat dan mengelola representasi data itu satu demi satu. Dan kadang harus mengelola banyak data untuk membuat peta. And you might have to manage many layers to create your maps. Memproses sekaligus semua data mungkin kadang kala merupakan solusi yang paling efisien. tool ini sanggup untuk memproses banyak data dengan satu aturan visual.
  • Menghubungkan atribut data dengan aturan representasi – Ketika simbol dikonversi ke suatu representasi,  software akan kehilangan pengaturan untuk mengidentifikasi fitur apa dengan simbol apa. Spesifikasi visual memungkinkan untuk mengkonfigurasikan terlebih dulu logika hubungan antara atribut dengan simbol. Ini berarti aturan representasi peta akan terbarukan ketika atribut berubah.
  • Menerapkan simbol dengan query relasional – Logika hubungan atribut data dengan simbol ditulis dalam SQL, memungkinkan label dan simbol diperbarui bukan saja dari informasi di tabel dasarnya tetapi dengan tabel lain yang terkait. lSangat berguna jika mempunyai data model ternormalisasi.

Umumnya administrator mengkonfigurasi aturan untuk pengguna yang diterapkan ke data yang digunakan dalam produksi peta.

Administrator

Spesifikasi Visual dapat diakses dari toolbar  Production Symbology.

Toolbar_2

Administrator punya beberapa macam tugas yaitu membuat, memanajemen, dan mendesain spesifikasi.

VST_3

Administrator dapat membuat aturan di dalam kotak dialog properti layer, (jika pilihan Display Calculate Representations dan Calculate Fields tabs dipilih) atau pada kotak dialog lanjutan. lihat pada gambar.

Layer-Prop_4

Ketika menggunakan Spesifikasi Visual/Visual Specifications, ada dua tab yang muncul pada kotak dialog. Tab Calculated Representations untuk mendefinisikan simbologi sedangkan tab Calculated Fields untuk mendefinisikan label.

Bagaimanakah mendefinisikan aturan

Pertama kali membuat aturan representasi baru dengan Options>> and choosing New Rules. Setelah rekaman ditambahkan, definisikan beberapa parameter sebagai berikut :

  • Deskripsi Aturan – Deskripsi nama atau aturan untuk mengidentifikasi data yang akan disimbolkan
  • Nama Representasi – Mendefinisikan representasi data yang digunakan
  • Pernyataan SQL – Mendefinisikan data yang akan disimbolisasikan
  • Ekspresi – Opsi lebih lanjut untuk aturan yang lebih kompleks, menggunakan VBScript
  • Aturan Representasi – Aturan representasi yang spesifik akan diperuntukkan berdasarkan pernyataan SQL
  • Kolom pembatalan eksplisit – Mendefinisikan sifat representasi yang nilainya dibaca dari bidang data lainnya.

Dapat membuat aturan kolom kalkulasi baru dengan klik pilihan dan memilih opsi aturan baru. ketika catatan ditambahkan perlu untuk mendefinisikan beberapa parameter berikut :

  • Deskripsi Aturan – Deskripsi atau nama dari aturan
  • Nama Kolom – Mendefinisikan kolom dan sifatnya akan digunakan untuk menyimpan nilai hasil setelah dihitung
  • Pernyataan SQL – Menyatakan data yang akan dilabeli
  • Ekspresi – Mendefinisikan kolom dan format pilihan dari teks yang akan digunakan untuk label
  • Pratinjau – Pratinjau dari label

Setelah desain spesifikasi komplit, siap untuk didistribusikan dan diterapkan

Pengguna

Pengguna, dapat mengaplikasikan spesifikasi menggunakan tool geoprocessing Calculate Visual Specification yang berada di Symbology toolset.

Calculate-VST_5

Parameter berikut harus diisi ketika aturan spesifikasi visual untuk data diterapkan :

  • Tabel Input – input data yang diinginkan
  • Lokasi Tabel Spesifikasi Visual – workspace yang terdapat spesifikasi visual
  • Representasi Terhitung dengan Peta Terender – perbarui properti layer untuk memperlihatkan representasi
  • Tampilkan Kolom Terhitung sebagai label – perbarui properti layer dengan membuat kelas label dan aktifkan layer untuk menampilkan visualisasi dengan semua kolom yang telah dihitung.
  • Pertahankan Representasi Bebas – Jika data telah diedit menggunakan representasi bebas, nilai tidak diupdatekan ketika tool berjalan.

Ada tool geoprocessing spesifikasi visual untuk  Drop Spesifikasi Visual dan untuk Memilih fitur dengan Spesifikasi Perbedaan.  Tool pertama menghapus kolom yang terkait dengan spesifikasi visual sedangkan tool kedua memilih fitur dengan ID aturan representasi atau kolom perhitungan yang tidak sama dengan spesifikasi visual.

Toolset_6

Sumber : ESRI

Tinggalkan Pesan