Site icon Blog SIG dan Geografi

Spesifikasi Visual Peta di ArcGIS

Spesifikasi visual, Ini terkait dengan standar simbologi dan label untuk menjaga konsistensi peta. SPesifikasi visual adalah tool yang terdapat pada ESRI Production Mapping untuk menstandarkan spesifikasi peta dengan menghubungkan simbol dan label ke atribut data menggunakan berbagai ekspresi logis. Aturan dapat diset mengenai bagaimana data harus tersimbolisasikan dan terlabeli sesuai spesifikasi. Aturan ini tersimpan dalam geodatabase.

Untuk standarisasi aturan kartografis, spesifikasi visual mendukung beberapa jenis alur kerja :

Umumnya administrator mengkonfigurasi aturan untuk pengguna yang diterapkan ke data yang digunakan dalam produksi peta.

Administrator

Spesifikasi Visual dapat diakses dari toolbar  Production Symbology.

Administrator punya beberapa macam tugas yaitu membuat, memanajemen, dan mendesain spesifikasi.

Administrator dapat membuat aturan di dalam kotak dialog properti layer, (jika pilihan Display Calculate Representations dan Calculate Fields tabs dipilih) atau pada kotak dialog lanjutan. lihat pada gambar.

Ketika menggunakan Spesifikasi Visual/Visual Specifications, ada dua tab yang muncul pada kotak dialog. Tab Calculated Representations untuk mendefinisikan simbologi sedangkan tab Calculated Fields untuk mendefinisikan label.

Bagaimanakah mendefinisikan aturan

Pertama kali membuat aturan representasi baru dengan Options>> and choosing New Rules. Setelah rekaman ditambahkan, definisikan beberapa parameter sebagai berikut :

Dapat membuat aturan kolom kalkulasi baru dengan klik pilihan dan memilih opsi aturan baru. ketika catatan ditambahkan perlu untuk mendefinisikan beberapa parameter berikut :

Setelah desain spesifikasi komplit, siap untuk didistribusikan dan diterapkan

Pengguna

Pengguna, dapat mengaplikasikan spesifikasi menggunakan tool geoprocessing Calculate Visual Specification yang berada di Symbology toolset.

Parameter berikut harus diisi ketika aturan spesifikasi visual untuk data diterapkan :

Ada tool geoprocessing spesifikasi visual untuk  Drop Spesifikasi Visual dan untuk Memilih fitur dengan Spesifikasi Perbedaan.  Tool pertama menghapus kolom yang terkait dengan spesifikasi visual sedangkan tool kedua memilih fitur dengan ID aturan representasi atau kolom perhitungan yang tidak sama dengan spesifikasi visual.

Sumber : ESRI

Exit mobile version
Skip to toolbar