Membuat Tampilan Atribut Khusus Pada Menu Pop-up

Salah satu aspek penting dalam membuat webmap ArcGIS Online yang baik adalah konfigurasi pop-up untuk layer yang ada. Anda bisa membuka properti pop-up dengan mengklik layer dan pilih  Configure Pop-up sebagaimana terlihat dibawah ini:

pop-1

Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih ketika mengkonfigurasi tampilan pop-up, termasuk memilih dari dan modifikasi daftar dari atribut, memilih konten dari kolom dan menghapus tampilan atribut semua.

Pilihan yang sangat fleksibel yang mengijinkan kombinasi teks, area konten , dan tautan pada tampilan atribut yang dikostumasi. Anda akan menemukannya diantara pilihan tampilan pop-up. Pilih tampilan atribut :

pop-2

Kemudian klik Configure:

pop-3

Bekerja dengan Tampilan Atribut Custom

Pada tampilan atribut kustom, anda bisa memasukkan kombinasi dari teks dan kolom yang dipilih dari daftar menu drop-down.

pop-4

Sebagai contoh, dibawah ini kami menambahkan kombinasi teks dan kolom atribut pada konfigurasi pop-up untuk layer yang mengandung lokasi puncak di California. Yang tampak di dalam kurung adalah nama kolom, dan ketika pop-up terbuka akan digantikan dengan atribut yaang sesuai.

pop-5

Setelah mengkonfigurasi tampilan, simpan, ini contohnya yang sudah jadi :

pop-6

Pilihan gaya lain dapat diaplikasikan nama kolom sesuai keinginan. Pilih nama kolom (termasuk tanda kurung) dan aplikasikan gaya sesuai keinginan. Berikut salah satu contohnya :

pop-7

Menambahkan tautan dari kolom

Kita juga bisa menambahkan kolom sebagai tautan teks dalam tampilan atribut. Gunakan menu drop-down untuk memilih kolom yang memuat tautan dan tambahkan pada tampilan atribut:

pop-8

Tetapi hasilnya URL tertampil tetapi bukan sebagai tautan ::

pop-9

Bagaimana membuatnya ? Copy nama kolom, tambahkan teks untuk tautan dan pilih, kemudian pilih “Create Link” dan paste nama kolom pada input URL seperti dibawah ini :  :

 

 

pop-10

Setelah dirubah, hasilnya sebagai berikut. teks “Photo credits” sekarang adalah hyperlink, dengan tautan tersebut merujuk ke URL yang tersimpan di {Photo_Credit} :

pop-11

Meningkatkan tampilan pop-up atribut

Kita dapat menambahkan elemen apapun dalam menu pop-up ini seperti gambar dan grafik.:

pop-12

Sumber : ESRI Blog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Pesan