Membuat Tampilan Atribut Khusus Pada Menu Pop-up

Salah satu aspek penting dalam membuat webmap ArcGIS Online yang baik adalah konfigurasi pop-up untuk layer yang ada. Anda bisa membuka properti pop-up dengan mengklik layer dan pilih  Configure Pop-up sebagaimana terlihat dibawah ini:

pop-1

Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih ketika mengkonfigurasi tampilan pop-up, termasuk memilih dari dan modifikasi daftar dari atribut, memilih konten dari kolom dan menghapus tampilan atribut semua.

Pilihan yang sangat fleksibel yang mengijinkan kombinasi teks, area konten , dan tautan pada tampilan atribut yang dikostumasi. Anda akan menemukannya diantara pilihan tampilan pop-up. Pilih tampilan atribut :

pop-2

Kemudian klik Configure:

pop-3

Bekerja dengan Tampilan Atribut Custom

Pada tampilan atribut kustom, anda bisa memasukkan kombinasi dari teks dan kolom yang dipilih dari daftar menu drop-down.

pop-4

Sebagai contoh, dibawah ini kami menambahkan kombinasi teks dan kolom atribut pada konfigurasi pop-up untuk layer yang mengandung lokasi puncak di California. Yang tampak di dalam kurung adalah nama kolom, dan ketika pop-up terbuka akan digantikan dengan atribut yaang sesuai.

pop-5

Setelah mengkonfigurasi tampilan, simpan, ini contohnya yang sudah jadi :

pop-6

Pilihan gaya lain dapat diaplikasikan nama kolom sesuai keinginan. Pilih nama kolom (termasuk tanda kurung) dan aplikasikan gaya sesuai keinginan. Berikut salah satu contohnya :

pop-7

Menambahkan tautan dari kolom

Kita juga bisa menambahkan kolom sebagai tautan teks dalam tampilan atribut. Gunakan menu drop-down untuk memilih kolom yang memuat tautan dan tambahkan pada tampilan atribut:

pop-8

Tetapi hasilnya URL tertampil tetapi bukan sebagai tautan ::

pop-9

Bagaimana membuatnya ? Copy nama kolom, tambahkan teks untuk tautan dan pilih, kemudian pilih “Create Link” dan paste nama kolom pada input URL seperti dibawah ini :  :

 

 

pop-10

Setelah dirubah, hasilnya sebagai berikut. teks “Photo credits” sekarang adalah hyperlink, dengan tautan tersebut merujuk ke URL yang tersimpan di {Photo_Credit} :

pop-11

Meningkatkan tampilan pop-up atribut

Kita dapat menambahkan elemen apapun dalam menu pop-up ini seperti gambar dan grafik.:

pop-12

Sumber : ESRI Blog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Maaf, anda dilarang mengkopi konten halaman ini.

Discover more from Blog SIG dan Geografi

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading