Menggunakan Foto Flickr Pada StoryMap

Story Map merupakan template hosting yang populer, dan mendukung foto dari berbagai lokasi hosting sebagai contoh adalah Flickr, berikut tutorialnya.

Langkah 1 –  Menyusun dan Menyimpan Peta

Untuk membuat story map menggunakan foto dari Flickr, pertama kali susun dan simpan peta web baru, klik Share dan buat peta tersedia untuk orang lain kemudian klik “Make A Web Application” :

flickr-12

Langkah 2 – Pilih Template/Contoh Peta Perjalanan

Anda mungkin akan menemukan template Map Tour pada halaman kedua dari galeri aplikasi web, dari menu drop down pilih “Publish” :

flickr-2

Selanjutnya, tambahkan judul, tags, dan ringkasan, kemudian klik “Save & Publish”

flickr-3

Anda sukses menerbitkan web apps, dan sekarang siap untuk mengkonfigurasinya.

flickr-6

Langkah 3 – Konfigurasi Perjalanan menggunakan Map Tour Builder

Anda dapat mengklik tautan di dialog Share (yang akan muncul setelah anda selesai menyimpan dan mempublikasi) seperti terlihat di gambar :

flickr-4

Atau dapat dilakukan nanti ketika sudah siap untuk menambahkan foto dari Flickr dengan masuk ke dalam item dan klik “Configure App”

flickr-5

Map Tour Builder akan terbuka otomatis, kemudian pilih Flickr pada bagian “My pictures are already hosted” :

Langkah 4 – Menambahkan Foto Flickr

Pada kesempatan ini akan dicontohkan peta perjalanan di seputaran kampus ESRI, pertama kali, masukkan username Flickr dan pilih Look up. menu drop down akan menampilkan semua set foto yang ada, pilih set yang diinginkan kemudian pilih import set yang bersangkutan. Ingat foto tersebut harus diset publik untuk bisa digunakan.

flickr-71

Foto yang tidak di geotag dapat juga digunakan. Untuk yang tidak geotag, maka hilangkan pilihan “Use picture location”.

Langkah 5 – Gunakan Map Tour Builder Untuk Menempatkan Foto di Peta

Foto yang dipilih dari set akan muncul di daftar, pilih foto dan tempatkan secara interaktif di peta. Lokasi dapat disesuaikan dengan mengklik dan menyeret simbol ke tempat yang diinginkan, dapat juga kita edit lokasi, foto dan simbol nanti jika dibutuhkan.

flickr-8

Ketika sudah selesai klik Import.

Langkah 6 – Lengkapi Konfigurasi Peta Perjalanan

Anda sukses menambahkan foto ke peta, dan dapat melakukan editing ketima masih dalam mode application builder untuk melengkapinya. ANda bisa menambahkan judul dan sub judul, anda juga bisa mengurutkan ulang, mengganti simbol, menyesuaikan lokasi, menentukan zoom, mengganti warna dan layout, menambahkan logo, dan lain-lain.

flickr-9-1024x732

Setelah dirasa sudah sesuai, klik Save.

Catatan adalah sebagai pemilik aplikasi anda dapat masuk ke mode builder untuk membuat perubahan dan editing setiap waktu. Masuk ke item yang bersangkutan dan klik “Switch to builder mode” di sebelah kanan atas aplikasi.

flickr-10

Menambahkan foto geotagging dari Flickr

Untuk menambahkan foto geotag dari Flickr, langkahnya hampir sama dengan langkah 4. Pada langkah 4 pilih set foto dengan foto geotag didalamnya, dan pilih (centang) “Use picture location”. Semua foto yang ada geotag akan ditempatkan di peta menggunakan informasi lokasi yang ada di foto.

flickr-111

Klik tab Located untuk melihat foto yang telah diletakkan pada peta, lokasi foto dapat diedit dengan mengklik simbol.

flickr-14

Jika foto pada set digeotag, mereka akan tampil di tab To Locate dan dapat ditempatkan secara interaktif sebagaimana dilangkah 5.

flickr-13-300x285

 

Sumber : Blog ESRI

Tinggalkan Pesan