GMTSAR, Software pemrosesan SAR

Hallo, lama ndak posting, lebih dari 1 bulan, mohon maaf semuanya , ini dikarenakan kesibukan yan sangat menyita waktu baik di kerjaan, web dan studi :ngakak

Okey, untuk saat ini saya akan sedikit berbicara mengenai GMTSAR, sebuah software untuk pemrosesan SAR khususnya interferometri yang didasarkan pada software GMT atau Generic Mapping Tools yang dikembangkan oleh Paul Wessel dan Walter H F Smith. Kebetulan di kantor saya berkesempatan mendapatkan pelatihan tentang penggunaan software ini untuk pemrosesan citra ALOS PALSAR.

Software ini berjalan pada lingkungan LINUX, yang menurut saya masih merupakan hal yang kurang dipahami oleh pengguna komputer khususnya di bidang SIG yang masih dikuasai oleh platform Windows. selain itu masih menggunakan CLI alias Command Line Interface (mirip DOS kalau diwindows) jadi mungkin bagi pemula akan sangat kesulitan, tetapiitu semua terbayarkan dengan kecepatan pemrosesan data yang sangat cepat,dibandingkan menggunakan software GUI berbasis Windows lainnya. GMTSAR dibangun dengan bahasa C.

Proses instalasinya tidak begitu sulit, walaupun memang lebih rumit daripada di Windows, prasyarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1.LINUX OS

2. C Compiler, seperti gcc dan sebangsanya

3. C atau TC shell, kita menggunakan shell TC ato C, bukan Bash seperti yang umum digunakan default oleh OS

4. Versi GMT dan NETCDF terbaru, bisa di download di situsnya masing-masing

Biasanya C/TC Shell sudah terinstall secara default pada OS linux terkini,

Sistem GMTSAR terdiri dari tiga komponen utama, yaitu :

a. preposessor untuk 3 jenis data yaitu ALOS, ERS dan ENVISAT, untuk mengkonversi data native menuju data generik yang siap untuk diproses.

b. Prosesor InSAR yang digunakan untuk memfokuskan dan align citra, peta topografi menjadi phase, dan membuat interferogram compleks

c. Postprosessor, umumnya merupakan tool bawaan dari GMT sendiri, yaitu induk dari GMTSAR ini, digunakan untuk memfilter interferogram untuk memproduksi phase, koheren, phase gradient, dan line of sight displacement .

GMTSAR mendukung visualisasi data dengan tipe file postscript atau KML yang dapat langsung di tampalkan dengan Google Earth.

Silahkan Dowonload dan Pelajari Dokumentasi dan Versi Program Terbaru di HALAMAN INI

:beer:

 

Tinggalkan Pesan