Kreasi Peta Minimalis Dengan OpenStreetmap

Kita dapat memanfaatkan OpenStreetmap untuk berkreasi dengan peta minimalis sederhana. OpenStreetmap adalah semacam wiki untuk peta dimana kita bisa turut berkontribusi dalam mengupdate data peta di dalamnya dan kita bisa menggunakan data didalamnya secara bebas. Anda dapat berkreasi dengan data di OpenStreetmap dan dapat digunakan sebagai layer tambahan untuk baselayer dari openstreetmap itu sendiri.

Untuk melakukan desain peta, anda dapat menggunakan sebuah aplikasi desain peta dengan nama TileMill. Kemudian dengan memanfaatkan hosting yang mendukung mapping seperti, MapBox, anda dapat meng-ONLINE-kan peta anda sehingga bisa di share ke semua orang, cukup mudah. walopun untuk hosting ini anda harus rela mengeluarkan dana paling murah 5 dollar atau sekitar 45ribu rupiah per bulan :cd. atau anda bisa menggunakan hosting kesukaan anda sendiri, asal mencukupi requirementnya :beer:

Dengan Desain yang anda gunakan, anda dapat mengkostumasi peta dari openstreetmap kemudian menayangkannya di web, cukup mudah dan simpel :beer:

Sumber : http://www.pbs.org

 

 

 

Tinggalkan Pesan