Core Duo VS Dual Core

core

Berawal dari keinginan untuk membeli dan build Desktop baru, karena desktop ane dah jadul, ane masih pake Pentium 4 soket 478 3 Ghz HT :malu2
Pada awalnya karena terpaku dengan “kerennya” kata-kata Core2Duo, maka saya berburu prosesor INTEL dengan label itu dengan membabi buta. akhirnya saya dapet Core2Duo 6300 😀
Berawal dari nasehat salah seorang kaskuser, dia menyatakan “daripada beli Core2Duo spek itu mending kamu beli Dual Core yang seri 5xxx atau di atasnya, dijamin lebih kenceng dengan harga yang lebih murah”. lho ? saya malah jadi bingung. kok bisa kayak gitu ? :cd
Akhirnya saya melakukan pencarian mengenai sejarah dan kodefikasi produk INTEL. nah ketemu juga gimana sih sebenarnya beda dari Core Duo dan Dual Core.
Kita lihat dari sejarah produk intel dulu :

netburst
Berawal dari INTEL memperkenalkan prosesor inti ganda pertama kali, yaitu Pentium D pada tahun 2005, ini merupakan penerus Pentium 4, dan menggunakan Arsitektur Netburst . Kode nama dari produk ini adalah Smithfield (generasi 1 dengan 90nm) dan Presler(generasi 2 dengan 65nm).
Ciri dari Prosesor Pentium D adalah :

terdiri dari dua keping (die) Pentium 4 Prescott prosesor, masing2 berisi satu ‘core’ (prosesor) yang dipasangkan dengan core yang lain dalam sebuah paket multi-chip. Pentium D membutuhkan konsumsi daya yang relatif tinggi. Saat bekerja menghasilkan panas yang tinggi dan bukan pilihan yang baik buat orang2 yg gemar overclocking.

Kemudian datang Dual Core, Prinsip Dual-core menggunakan 2 (dua) ‘core’ dalam sebuah keping (die). masih menggunakan arsitektur yang sama dengan generasi pentium D dan sebelumnya (netburst). Jadi secara umum, merupakan versi peningkatan dari Pentium D, dengan upgrade pada penggunaan satu buah die (keping) dibanding pentium D yang masih menggunakan dua keping. ini lebih meningkatkan efesiensi daya.

Kemudian datang Core2Duo, ini merupakan terobosan yang luar biasa dari intel. menggunakan arsitektur yang benar-benar baru yaitu arsitektur CORE, yang dari klaim INTEL meningkatkan performa dan kemungkinan overclocking.

FAKTANYA :

Keberadaan Intel Core2Duo dan Intel Dual Core itu merupakan produk yang beriringan, dengan 2 arsitektur yang berbeda, untuk spesifikasi yang lainnya hampir sama, dan seringkali mengecohkan orang. Dan fakta di lapangan pun bahwa beberapa seri Dual Core dapat melampaui Kinerja Core2Duo. khususnya jika produk Core2Duo lama di sandingkan dengan Dual Core yang relatif baru, contohnya dalam kasus saya, antara Core2Duo 6300 VS Dualcore 5700.
untuk menentukan kinerja prosesor intel, jangan hanya melihat pada urutan produksi dan iklan dari intel, tapi lihatlah Benchmark, Clock Speed, arsitektur pembuatannya berapa nm, FSB, Cache, dan kelengkapan fungsi lainnya

lihat disini untuk perbandingan Desktop Dual core dan core2duo Desktop

Selamat mencoba

1 comment to Core Duo VS Dual Core

Tinggalkan Pesan