R2V

https://i0.wp.com/www.ablesw.com/r2v/spott.jpg?w=640

R2V atau kepanjangan dari Raster to vektor merupakan software conversi dari image berbasis raster ke format vektor. ini sangat berguna dalam proses digitasi yang terutama terdapat di dalam proses ekstraksi data sistem informasi geografis dan CAD. ada banyak sekali software konversi raster ke vektor di luar sana, tetapi software konversi dengan penekanan di bidang keteknikan khususnya SIG dan CAD, R2V merupakan pilihan terbaik.
dari situsnya dikatakan, R2V merupakan solusi terbaik untuk melakukan konversi dari berbagai sumber citra dan gambar seperti peta hasil scan, foto udara, proses pengkonversian dilakukan secara otomatis dan cepat, dan sepanjang pengamatan penulis, relatif akurat, khususnya untuk gambar dengan mode black n white atau grayscale. dan setelah itu, hasil konversi dapat kita edit dengan mudah.
R2V juga mempunyai tools editing yang powerful untuk editing paska konversi. meliputi editing titik, garis, poligon, label, piksel, dan juga control point.
bagaimana dengan sumber data berwarna?, R2V dapat mengklasifikasikan setiap warna dan pelakukan vektorisasi untuk setiap warna secara terpisah.
untuk citra satelit, SPOT telah didukung oleh R2V. berbagai citra seperti foto udara dan citra satelit dapat secara otomatis diklasifikasikan atau disegmentasi untuk menghasilkan batas wilayah atau region. pemrosesan citra lebih lanjut meliputi mosaik, register, klasifikasi, dan pemisahan dapat dilakukan oleh R2V.
untuk otomasisasi pemrosesan banyak data, dapat dilakukan fungsi batch yang sangat mudah.
updating data juga sangat mudah dilakukan, import citra atau data raster anda lalu overlay data vektor yang akan diupdate dan lakukan editing vektor berdasarkan data citra yang baru.

https://i0.wp.com/www.ablesw.com/r2v/spott.jpg?w=640

Secara Lebih Jelas, Fungsi R2V adalah :
* Dukungan banyak format : TIFF, GeoTIFF, JPEG, GIF, RLC, PNG and BMP, jugacitra SPOT dan citra lain berformat RAW.
* Import/Eksport Vektor ke shp, coverage, AutoCAD DXF, MapInfo (MIF/MID), IGES, MapGuide SDL, 3D Grid file, 3D DEM (kompatibel USGS DEM), VRML, dan format vektor 3D XYZ.
* vektorisasi tingkat lanjut meliputi :vektorisasi otomatis, tracing garis interaktif, dan digitasi manual.
* editing vektor
* labeling vektor dan digitasi kontur
* rasterisasi vektor
* banyak layer
* digitasi titik
* pembuatan layer poligon otomatis
* editing citra raster
* georeferensi dengan GeoTIFF atau kontrol poin
* konversi proyeksi peta
* fungsi OCR atau pengenalan karakter, dan teks
* menggabungkan beberapa peta
* ROI (region of interest) yang fleksibel untuk vektorisasi dan pemrosesan citra
* pemrosesan citra
* mosaik citra
* overlay dan penggabungan citra
* Fungsi Fusion untuk meningkatkan kedetailan citra
* visualisasi 3D

https://i0.wp.com/www.ablesw.com/r2v/mosaic1t.jpg?w=640

dokumentasi dan tutorial sangat melimpah, di halaman tutorial dapat dijumpai berbagai macam contoh aplikasi dan juga tutorial video R2V
jika tertarik, dapat mencoba versi demonya di halaman berikut ini. versi demo mempunyai batasan hanya bisa melakukan save data dengan luasan terbatas.
jika anda tertarik untuk membeli, dapat merujuk pada daftar harga. yang menurut penulis sangat mahal. good luck

2 comments to R2V

Tinggalkan Pesan