ILWIS

The Integrated Land and Water Information System (ILWIS) merupakan software SIG dan Penginderaan Jauh berbasis PC yang dikembangkan oleh ITC sampai peluncuran versi terakhirnya yaitu ILWIS 3.3 pada tahun 2005. sampai versi 3.3, ILWIS merupakan shareware dengan masa trial 30 hari, dan selanjutnya kita dapat membeli lisensinya.pada tanggal 1 juli 2007 diputuskan bahwa ILWIS akan diopen sourcekan dengan lisensi dibawah 52°North initiative (lisensi GPL). versi ini selanjutnya dinamakan ILWIS 3.4 Open. dan inilah versi terbaru sampai sekarang.
ILWIS adalah software suite dengan fungsionalitas dari prosesing citra, analisa spasial, dan pemetaan digital.
inilah beberapa fitur dari ILWIS
desain vektor dan raster terintegrasi
Import dan export ke beberapa format data umum dan terkenal
digitasi tablet dan on-screen
Komprehensif tool pemrosesan citra
Orthophoto, georeferensi citra, transformasi dan mosaik
analisis data spasial dan modelling tingkat lanjut
Visualisasi 3D dengan editing interaktif
berbagai macam sistem koordinat dan proyeksi
analisa geostatistik dengan kriging
produksi dan visualisasi dari citra stereoskopis
evaluasi spasial berkriteria banyak
pemrosesan hidrolog dan DEM/TEM

ILWIS 3.3
Versi shareware dapat di download di link di bawah ini

ILWIS 3.3 Academic (19.3 Mb)

Update sampai saat tulisan ini dibuat adalah service pack 3.31, yang merupakan update khusus untuk ILWIS 3.3, update meliputi fungsionalitas baru di Hydrologic Flow Operations dan Spatial Multiple Criteria Evaluation (SMCE); serta beberapa perbaikan bug. download service pack di link bawah ini

Update ILWIS 3.31 (hanya untuk ILWIS 3.3)

Dokumentasi ILWIS 3.3 sangat baik, disamping itu juga terdapat contoh studi kasus beserta datanya, sehingga sangat mudah mempelajari ILWIS 3.3.
Untuk mendownload User guide ILWIS 3.3 dapat menggunakan link di bawah ini

Petunjuk Penggunaan ILWIS 3.3

User guide meliputi dokumentasi dan contoh data
Selain user guide, juga terdapat contoh-contoh aplikasi studi kasus dan penyelesainnya. contoh aplikasi ILWIS 3.3 dapat didownload di link di bawah ini

Petunjuk Aplikasi ILWIS 3.3

ILWIS 3.4 Open

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, ILWIS 3.4 merupakan versi open source dan free dari ILWIS. yang mana ITC sudah tidak mensupport lagi ILWIS dan menyerahkan pengembangan software ini kepada komunitas.
Dari pengamatan penulis, tidak terdapat perubahan ataupun peningkatan fungsi yang signifikan dari versi 3.3 shareware ke versi 3.4 ini, selain perubahan lisensi saja.
bagi pengguna windows dapat menggunakan versi binary dari software ini. instalasinya sangat mudah, setelah mendownload file zipnya, dapat diekstrak di folder yang anda sukai dan cari file ILWIS30.EXE, dobel klik untuk menjalankan.
file binary dapat didownload di bawah ini :

ILWIS 3.4 Binary

jika dan hanya jika anda menginginkan fungsi command line dari ILWIS ini berfungsi, anda harus meregister beberapa file dll secara manual. pertama klik start>run, atau dapat membuka command prompt via start>accesories>command prompt. ketikkan perintah :

regsvr32.exe /s IlwisComProxy.dll lalu tekan enter
ilwis30.exe -RegServer lalu tekan enter

opsi -RegServer harus ditulis sama persis seperti yang tertulis disini, dan urutan penulisan command diatas tidak terlalu penting, anda bebas mendahulukan yang mana saja.
Bagi para developer dan pengguna sistem operasi spesifik selain windows, dapat mengkompile sendiri dari source code program yang dapat di download di link di bawah ini :

Source code ILWIS 3.4

Untuk dokumentasi dapat di download di SINI dan untuk file Help dapat didownload di SINI
Rencana mendatang dari para pengembang adalah melakukan migrasi dari bahasa pemrograman microsoft visual 6 ke GCC yang open source dan akan melakukan pemisahan setiap komponen ILWIS. kita tunggu saja oke…………….hehehehehehe

Tinggalkan Pesan