Longsor di Gunung Geulis Picu Banjir Bandang Sumedang

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #8853
    Banata
    Keymaster

    sumedang

    Sebuah bekas longsoran tampak terlihat di atas Bukit Gunung Geulis, Desa Sawahdadap, Kabupaten Sumedang. Longsor tersebut diduga jadi pemicu terjadinya banjir bandang disertai lumpur yang menerjang kawasan pemukiman warga.
    “Jadi saat turun hujan dengan intensitas tinggi, itu terjadi longsor di atas bukit Gunung Geulis, kemudian longsor itu membawa material lumpur dan kayu-kayuan hingga menyebabkan terjadinya penyumbatan di hulu sungai,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Sumedang Atang Sutarno

    Atang melanjutkan, akibat adanya penyumbatan tersebut, aliran air yang terus mengalir pun menjadi tertampung di atas. Hingga lama kelamaan sumbatan-sumbatan itu pun tidak kuat lagi menahan vokume dan tekanan air tersebut.

    “Aliran air yang penuh tertampung di atas, pada akhirnya jebol karena tidak kuat lagi menahan tekanan air, hingga aliran air yang membawa material pun menerjang ke hilir,” terangnya.

    Atang mengatakan, hal itu menjadi dugaan sementara berdasarkan hasil asesmen bersama antara pihak-pihak terkait.

    “Kemarin kita sama-sama mengasesmen dari berbagai pihak,” ujarnya.

    Atang menambahkan, saat ini penanganan yang dilakukan masih terfokus pada normalisasi aliran sungai dan menjaga keselamatan warga dan para pengungsi.

    “Kita sekarang fokus pada normalisasi (sungai) dan menyelamatkan warga maka warga kita ungsikan terlebih dulu,” ucapnya.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.