Gunung Sinabung Kembali Meletus dengan Tinggi Kolom Abu 5 Km

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #8504
    Banata
    Keymaster

    Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus pada Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB. Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan pantuan dari Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG sebagaimana dilansir Antaranews.com, kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke timur dan tenggara.
    Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status tingkat III atau siaga. Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Warga juga harus menjauh dan tidak berada di radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Masyarakat juga diimbau untuk memakai masker bila keluar rumah. Hal itu untuk mengurangi risiko dampak kesehatan dari abu vulkanik.
    Warga di dekat sungai-sungai yang berhulu ke Sinabung juga diimbau waspada terhadap bahaya banjir lahar panas dan dingin, serta mengamankan air bersih dari abu vulkanik Sinabung.

    sumber:
    https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200810165508-37-178746/ini-update-letusan-gunung-sinabung-awan-tsunami-aceh

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.