Melihat Data Cuaca NetCDF Di Panoply Bagian 2

(6) Di bawah tab Peta, pilih untuk memusatkan tampilan di wilayah Hawaii (20N, 156W) dengan wilayah katakanlah, 600 mil ke segala arah, yang diperkirakan sekitar 10º untuk lebar dan tingginya.

     6a) Perhatikan W Lon dan S Lat adalah negatif, jadi kita masukkan Lon sebagai -156E dalam program ini. Ini terupdate dengan menekan tombol.

     6b) Klik Fix Proportions karena pilihan acak tidak akan cocok dengan proyeksi yang digunakan. Koreksi ini juga harus sering dilakukan jika mengubah tampilan dengan penekanan tombol. Setelah memperbaiki proporsi, nilai asli yang dimasukkan akan dipaksakan ke nilai yang konsisten.

     6c) Ini juga merupakan tempat di mana kita dapat memilih grid Lat-Lon dan ukuran label. Anda dapat bermain-main dengan aturan ini untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, termasuk warna dan ukuran angka. Di bawah ini adalah contoh yang baru saja diatur di mana label default menjadi merah dengan jarak 2º… hanya untuk menampilkan opsi, bukan agar terlihat lebih baik.

(7) Umumnya tidak perlu mengubah apapun di tab Overlay atau Shading. Ada banyak overlay grafik untuk bereksperimen, dan beberapa mungkin lebih baik untuk tampilan di wilayah dekat pantai, tetapi ini hanya coba-coba saja— mungkin yang terbaik adalah MWDB_Coasts_NA_1.cnob. Ada juga yang lain di situs Panoply untuk diunduh.
(8) Kontur kecepatan arus tetap cocok dengan pembagian yang ditunjukkan pada legenda bilah warna untuk kecepatan, jadi jika Anda ingin mengubahnya, kembali ke tab Scales untuk mengubahnya. Untuk mengubah ketebalan dan warna kontur, gunakan tab Contours. (9) Pada tab Vectors, ubah Reference Value dari 10,3 menjadi 1,0… Dan sekarang terlihat seperti data saat ini!
(10) Untuk mengubah label teratas, buka tab Labels, dan Anda dapat mengubah Judul menjadi “HYCOM Currents, 00z July 15, 2018” misalnya. Ada juga beberapa opsi pelabelan lainnya.
(11) Banyak aturan penyiapan di layar bawah, tetapi ada berbagai cara untuk membuat output data, sebagai gambar atau file KMZ untuk Google Earth. Anda juga dapat memperbesar gambar menggunakan opsi di bawah Plot di bilah menu utama. Tetapi hanya dari dalam Panoply kita dapat mengeklik dan membaca nilai sebenarnya secara digital.

Tinggalkan Pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Maaf, anda dilarang mengkopi konten halaman ini.