Menggunakan Landsat Untuk Studi Perubahan Penutup Lahan

Citra Landsat dapat digunakan untuk membuat peta penggunaan/penutup lahan, perubahan daerah perkotaan, perubahan hutan, dan studi fenomena lingkungan lainnya. Pada kesempatan ini, akan didiskusikan penggunaan Landsat untuk perubahan lanskap dengan m,enambahkan servis komposit ke dalam sesi ArcMap dan menggunakan fitur waktu.

Sebagai awal, koneksikan ke ArcGIS server yang mempunyai servis citra. . Buka ArcCalatog dan buka folder GIS Servers, dan klik Add GIS Server.

Landsat 2 Connect to GIS Server

Hilangkan pilihan pada “Use GIS Services”, kemudian masukkan URL:http://imagery.arcgisonline.com/arcgis/services. pada halaman selanjutnya.

Ketika membuka menu menambag server di ArcCatalog, akan terlihat dua folder, LandsatGLS dan LandsatGLSChange:

Landsat 2: Image Services folders

Setelah itu, folder tersebut bisa dibuka dan servis Landsat telah bisa digunakan, sekarang fokus ke folder LandsatGLS.

Landsat 2: LandsatGLS Image Services

Sebagaimana terlihat pada daftar di atas, ada dua kategori servis citra, yaitu:

  1. Agriculture, AtmosphericPeneteration, FalseColor dan lain lain
  2. servis citra MSS_ dan TM_ multispectral dengan akhiran tahun pada nama tersebut.

Set pertama dari servis citra adalah komposit dari beberapa tahun yang berbeda., jika digunakan didalamnya akan ada 4 periode tahun yang berbeda. untuk set kedua merupakan epoch (periode waktu).

Karena telah terkoneksi dengan Server GIS, citra dapat ditambahkan ke sesi ArcMap kita, pilih terus drag ke TOC. Terlihat citra ditampilkan dengan kombinasi komposit RGB, kombinasi band/saluran untuk RGB dapat diubah sesuai keinginan kita.

Landsat 2 LandsatGLS Image Services

Sebagai contoh, ubah saluran menjadi 4, 3 dan 2, ini disebut composit false color, untuk merubahnya klik kanan pada Table of Contents, pilih Properties kemudian masuk pada tab Symbology. pada bagian ini terdapat menu dropdown untuk setiap Red, Green dan Blue, ubah menjadi 4, 3 dan 2. seperti terlihat di bawah ini hasilnya.

Landsat 2: CIR

The 432 band combination produces a color infrared image of New Orleans, LA

citra CIR sangat bagus digunakan untuk studi vegetasi, monitor drainase, pola tanah, dan menentukan tahapan pertumbuhan tanaman pertanian. Dengan kombinasi 4.3.2, vegetasi akan tampak merah, area perkotaan akan tampak biru muda dan tanah akan tampak coklat, semakin banyak jenuh air maka semakin gelap kenampakannya, untuk es dan salju akan terlihat putih atau biru muda, Secara umum  merah kehitaman menandakan vegetasi berdaun jarum, merah terang menandakan berdaun dan yang sedang tumbuh memproduksi banyak klorofil, sedangkan merah muda menandakan rerumputan atau area dengan vegetasi jarang.

Pada servis citra LandsatGLS mempunyai data periode waktu, Pada TOC klik kanan file dan pilih Properties. Pada tab General dibagian Description, akan terdapat keterangan seperti ini “This image service was compiled from the following Global Land Survey (GLS) datasets: GLS 2000, GLS 1990, and GLS 1975.” Ini artinya citra ini dapat digunakan untuk fitur waktu yang telah dikenalkan pada ArcGIS 10.

Pertama aktifkan fitur Time, pada later masuk ke tab Time kemudian pilih “Enable time on this layer”. Untuk pilihan Layer Time, pilih “Each feature has a start and end time field”. The Start Time Field dan End Time Field akan otomatis terkalkulasi. KEmudian ubah Time Step Interval menjadi 5 karena ada 5 periode waktu pada seris ini.

TIP: JANGAN klik tombol Calculate, karena ArcMAp akan mengkalkulasi waktu untuk SEMUA citra dalam servis ini. 

Landsat 2: Time tab

Kemudian buka toolbar Time Slider Window dengan menggunakan tombol Open Time Slider Window Landsat 2: Time Slider Icon pada toolbar Tools. Semua citra nantinya dapat di review untuk setiap epoch hanya dengan tombol panah kanan dan kiri atau dengan menggeser slider yang ada.

Dengan slider dapat terlihat perubahan seiring dengan waktu, berikut contohnya.

Contoh pertama pertumbuhan penduduk di Las Vegas, dari 1975 sampai 2005 dengan citra LandsatGLS.

Landsat 2: Las Vegas, Nevada, USA
LandsatGLS 1975        LandsatGLS 1990             LandsatGLS 2000            LandsatGLS 2005

 

Contoh kedua di Beijing, China, Terlihat pertumbuhan yang tinggi pada 1975 sampai 2005.

Landsat 2: Beijing, China
LandsatGLS 1975           LandsatGLS 1990           LandsatGLS 2000           LandsatGLS 2005

 

Servis Citra Landsat tersedia untuk seluruh dunia, dapat digunakan untuk pemetaan hampir disemua tempat. Untuk pencarian tempat bisa menggunakan tool Find Landsat 2: Find Tool Icon pada toolbar Tools.

Landsat 2: Find Tool

 

Untuk membantu menggunakan servis citra ini, telah diaktifkan properti waktu pada semua servis citra landsat sehinga bisa langsung digunakan di ArcMap dari ArcGIS.com — Berikut tautannya. Klik pada tombol Open untuk membukanya di ArcMap.

Sedikit catatan untuk citra MSS dan TM. MSS terdiri dari 4 saluran, dan TM mempunyai 7 saluran. Hanya satu service FalseColor yang mengikutkan citra MSS dan TM karena citra lainnya memerlukan saluran yang tidak terdapat pada sensor MSS. Jadi, hanya servis citra FalseColor yang terdiri dari epoch 1975, 1990, 2000 dan 2005. yang lain hanya terdiri dari landsat TM untuk tiga epoch dari 1990 sampai 2005. Untuk konsistensi, akan terlihat nilai piksel nol untuk saluran 1, 6 dan 7.

Sumber : ESRI

Tinggalkan Pesan