Geo-GIS

Impor ASTER ke ENVI

Tutorial di bawah ini menggunakan antar muka ENVI 5.1 tetapi bisa juga menggunakan antar muka ENVI klasik di bawah menu Basic Tools.

data ASTER Level 1B dan produk seperti AST_05 Surface Emissivity atau AST_08 Surface Kinetic Temperature didistribusikan menggunakan data berformat hirarki (HDF).  Jenis data seperti ini perlu dibuka sebagai file eksternal oleh ENVI.  Untuk melakukannya, dari menu ENVI pilih File| EOS Open As | EOS | ASTER.  Ini akan mengimpor data dengan benar di ENVI. Perlu dilakukan rotasi ke “North Up” atau Utara di atas, nanti akan diuraikan.

data ASTER Level 1B mengandung file dalam tiga resolusi spasial yang berbeda. Ketika membuka file HDF di ENVI, akan dibuat empat file virtual. Yang pertama terdiri dari tiga saluran VNIR dengan resolusi 15m.  Yang kedua adalah penampakan terbalik / kebelakang saluran NIR ,juga mempunyai resolusi  15m dan jarang digunakan.  YAng ketiga terdiri dari enam saluran SWIR dengan resolusi 30m. Terakhir keempat terdiri dari lima saluran TIR dengan resolusi 90m.

Rotasi Citra

Berikut adalah tampilan ASTER.  Yang kiri adalah lurus berdasarkan orientasi trek satelit, sudut dari satelit ketika mengelilingi bumi, yang sebelah kanan telah dirotasi sehingga utara ada di atas.

Walaupun citra sebelah kiri telah tergeoreferensi, Orientasinya TIDAK utara di sebelah atas. Data ASTER HDF mengacu kepada sudut dari jalur satelit, yang mempunyai konsekuensi data yang lebih kecil ukurannya untuk penyimpadan dan download. Citra harus dirotasi, untuk itu harus di cek nilai dari piksel diluar citra , pada batas citra paling luar (area hitam atau putih). Biasanya bernilai NaN atau 0 (nol).  Gunakan nilai itu sebagai nilai isian latar belakang pada langkah selanjutnya.

Dari menu masuk ke Raster Management | Rotate / Flip Data.  Terima sudut bawaan karena ENVI mengekstrak sudut rotasi dari header filenya. Masukkan nilai batas yang sebelumnya telah di cek.

sumber : yceo.yale.edu

Exit mobile version
Skip to toolbar