Geo-GIS

Mengkonversi ASTER TIR untuk Suhu Kecerahan Dalam Kelvin dengan ENVI

ENVI memiliki proses beberapa langkah yang dapat melakukan koreksi atmosfer dasar kemudian mengonversi pita emisivitas yang dihasilkan ke citra suhu-kecerahan dalam derajat Kelvin. Saat ENVI membaca scene ASTER AST_L1B, ia mengkalibrasi band TIR untuk mendapatkan nilai cahaya yang tepat. Jika Anda bekerja dengan salah satu set data ini, lanjutkan ke Langkah 2. Untuk ASET AST_L1T yang lebih baru, ENVI membuka ini dengan “nilai byte” yang pertama-tama harus dikonversi ke nilai radiance floating-point seperti yang ditunjukkan pada Langkah 1.

Langkah 1
Dari Toolbox, pilih Koreksi Radiometric Correction | Radiometric Calibration dan pilih lima band file TIR. Pastikan Jenis Kalibrasi Radiance, masukkan nama file baru, dan klik OK

Langkah 2
Dari Toolbox, pilih Radiometric Correction | Thermal Atmospheric Correction dan pilih sebagai input lima file TIR untuk dataset AST_L1B atau file yang dibuat pada Langkah 1 untuk dataset AST_L1T. Pada jendela dialog, ambil semua default dan masukkan nama file output untuk membuat input ke proses Normalisasi Emissivitas.

Langkah 3
Lagi dari Toolbox, pilih Radiometric Correction | Emissivity Normalization dan pilih file Thermal Correction yang baru saja dibuat pada Langkah 2. Ambil semua default, pastikan Output Temperature Image di-toggle ke Yes dan masukkan nama file untuk ini.

Anda sekarang akan memiliki file suhu kecerahan dengan satuan dalam derajat Kelvin. Anda dapat mengonversikan ini ke Celcius menggunakan raster calculator dengan mengurangi 273.15 dari file.

Exit mobile version
Skip to toolbar