Menggunakan Gambar PNG Untuk Simbol Gambar ArcGIS

Pada ArcGIS mulai versi 10.1,  file PNG atau Portable Network Graphics (PNG) dapat digunakan sebagai simbol titik, garis, dan gambar. PNG digunakan untuk membuat simbol ArcGIS yang mengandung satu simbol, yang dapat digunakan untuk simbolisasi titik atau dekorasi garis atau digunakan sebagai gambar yang akan mengisi suatu poligon.

Banyak simbol dari format lain bisa dikonversi menjadi PNG untuk memanfaatkan transparansi dan saluran alfa. Saluran alfa mengijinkan variabel transparansi yang menghasilkan efek seperti overlay transparan dengan latar belakangnya.

Aturan paling mendasar, gambar yang digunakan sebagai simbol terlihat paling bagus pada ukuran ketika gambar itu dibuat, dan akan semakin menurun kualitasnya ketika di perbesar. tetapi PNG menggunakan kompresi “loseless”dimana gambar asli bisa direkonstruksi dari data gambar yang terkompresi.  Ini berarti data terkompresi dapat digunakan untuk membentuk gambar asli tanpa penurunan kualitas. Ukuran kecil berarti load yang lebih cepat dan jenis kompresi PNG ini open source sehingga bebas digunakan.

Langkah 1.

Di ArcMap, di menu utama, klik Customize > Style Manager.

Langkah 2.

Pada panel kiri di kotak Style Manager, pilih jenis dimana nanti simbol akan disimpan. jika style/gaya yang akan disimpan dalam simbol dalam referensi maka akan ditampilkan, jika tidak klik tombol Style untuk memilih dari daftar. Jika tidak ada dalam daftar bisa mengklik tombol Add Style to List untuk memilih gaya/style lainnya, atau malah membuat file style baru dengan klik Create New Style

Langkah 3.

Ketika style tertampil di panel kiri, buka untuk melihat susunan foldernya.

Langkah 4.

Klik pada folder Marker Symbols

Langkah 5.

Klik kanan pada panel kosong di bagian kanan

Langkah 6.

Pada menu yang muncul, klik New dan klik Marker Symbol. kotak dialog Symbol Property Editor muncul

Langkah 7.

Rubah tipe ke Picture Marker Symbol dan klik tombol Picture dan navigasikan ke file PNG. Jika diperlukan ubah ukuran, sudut dan offset gambarnya.

Langkah 8.

Simpan simbol baru tersebut.

Langkah 9.

Tulis nama untuk simbolnya, gunakan tampilan yang lebih detail dengan mengakses tombol ketiga di kanan bawah di Style Manager.  Bisa didetailkan dengan mengisi kategori dan tags, sangat berguna ketika melakukan pencarian simbol.

Berbagi Peta Dengan Simbol Gambar ArcGIS

Tidak seperti font yang bisa pada direktori tertentu, simbol gambar bisa disimpan di sembarang tempat, tetapi perlu diketahui lokasinya ketika akan membuat simbol. Ketika simbol dibuat gambar akan dikopi menjadi obyek simbol gambar, sehingga tidak terkait lagi dengan gambar aslinya.

Ini berarti jika berbagi peta dengan simbol gambar, tidak perlu menyertakan gambar aslinya.

 

source : ESRI Arcwatch

Tinggalkan Pesan