Validasi Entitas di ArcPad

Ketika menggunakan Arcpad untuk melakukan edit data di lapangan, ada beberapa cara untuk emmastikan data menjadi bersih dan akurat. Di kesempatan ini kita akan membicarakan mengenai validasi data di Arcpad.

Validasi data di ArcPad Data Manager:

Menggunakan geodatabase di lapangan merupakan salah satu jalan untuk memastikan koleksi data anda akurat. Ini termasuk menggunakan sub tipe, domain area, domain nilai terkode,  tabel terhubung dan nilai awal yang akan diterjemahkan ke dalam proyek Arcpad saat proses cekout.

Namun, kadang yang sering terlupakan ketika mengambil data dari Arcpad adalah memilih/mencentang “Validate feature classes before checking out” . Ini adalah proses ArcGIS desktop, dan langkah penting untuk memastikan suksesnya proyek ArcGIS mobile anda. Dengan memilih/mencentang fitur tersebut, proyek Arcpad akan menjaga integritas atribut dengan memvalidasi sub tipe, aturan atribut, dan aturan hubungan di data anda sebelum dibawa ke lapangan. Rekaman yang tidak mematuhi aturan yang didefinisikan oleh geodatabase, tidak akan dibuat di AXF. Memvalidasi data saat cekout juga akan memastikan semua edit yang anda lakukan akan dicek kembali di geodatabase.

validate

Validasi di Lapangan :

Aturan Geodatabase sendiri mungkin tidak cukup untuk memaksa koleksi data yang berkualitas ke proyek anda. Beberapa tips lain yang berguna ketika di lapangan meliputi :

  • Cek silang atribut yang berbeda-beda.
  • Cek tidak ada entri “null”.
  • Cek kolom kalkulasi mempunyai hasil yang wajar.
  • Tidak dapat melakukan edit jika geometri mempunyai PDOP titik yang tinggi (>3.4) .
  • Urutan pengkoleksian data di dalam form.
  • Cek geometri titik di dalam poligon sebelum mengisi data ke dalam form (Topologi DIY).
  • Cek jika ada spasi atau karakter bilangan di kotak teks.
  • Nonaktifkan tool kustom karena data gunakan.

Satu script kecil di form arcpad anda dapat meningkatkan kualitas data di lapangan dengan memvalidasi aturan terhadap halaman dan kontrol. Dapat dicapai dengan kombinasi properti ThisEvent.Result dan event onValidate. Setiap kontrol halaman akan ada event onValidate, dan ThisEvent mengijinkan rutin event handler untuk mengakses properti dari event yang sedang berlangsung dan meneruskan nilai ke obyek yang terkait dengan event.

Sebagai contoh, jika textboxName tidak berisi nilai, anda dapat menampilkan pengguna untuk memasukkan nama dengan memasukkan rutin pada event onValidate untuk textboxName :

If textBoxName = “”

then

ThisEvent.Result = False

ThisEvent.MessageText  = “Please enter a Name”

End If

 

Jadi selalu mencek data sebelum cekout dari proyek Arcpad dan mencoba beberapa skrip validasi.

 

Sumber : ESRI Blog

Tinggalkan Pesan