Enam Hal Yang Harus Anda Kerjakan Untuk Meningkatkan Karir SIG

SIG buka bidang statis dan GIS juga tidak harus pengembangan berkelanjutan. Dengan semakin banyak institusi akademik yang menawarkan sertifikat SIG dan program berbasis gelar, kompetisi pekerjaan SIG semakin meningkat.

1. Lanjutkan Kebiasaan Pendidikan Seumur Hidup

Keuntungan berbagai macam pelatihan dan kesempatan belajar. Asal keuangan memadai, ambil kesempatan sesi pelatihan online dan in-person yang tersedia. Jika tidak ada dana, terdapat pelatihan gratis tersedia. Untuk produk ESRI sendiri terdapatkatalog training online terdiri 86 seminar, pelatihan web dan istruksi online. Sid Feygin menulis artikel tentang Belajar SIG dengan gratis.  Banyak vendor SIG yang menawarkan Webminar gratis. Webminar atau seminar web dapat berguna untuk lebih memahami pengembangan software yang bersangkutan dan teknologi terkini dan juga isu SIG terkini. 

Selalu baca berita geospasial terkini. Adena Schutzberg mengelola  Blog All Point di Directionsmag.com yang menyediakan berita geospasial.  Ikuti akun  twitter industri geospasial dan lakukan hal yang sama di Google+.

Pelajari orang lain mengenai bidang geospasial mereka. sebagai contoh, James Fee mengadakan Google+ Hangout mingguan yang mencakup topik geospasial profesional. Project Geo adalah contoh Google+ Hangout lain fokus di kesadaran geospasial.

2. Pertimbangkan Sertifikasi

Biarpun tidak untuk setiap orang, sertifikasi dapat nilai plus di dunia pekerjaan. Dengan persaingan yang begitu ketat, menambah sertifikasi di CV anda akan memberikan manfaat. Terlihat dari situs agregat sejak tahun 2006, terjadi peningkatan tentang pekerjaan SIG. Apakah anda bekerja di mana produk ESRI banyak digunakan?, menjadi nilai plus di resume anda untuk menyertakan kompetensi di software ESRI dengan mengambil Sertifikasi Teknis ESRI.

3.Berinteraksi dengan rekan

Jaringan sangat penting. Berinteraksi dengan profesional di bidang SIG sebanyak banyaknya.  Beberapa pekerjaan dan nasehat terbaik didapatkan dari mulut orang lain. Acara seperti konferensi dan training  SIG serta grup SIG memberikan kesembatan besar untuk berinteraksi .  Media sosial juga memberikan wahana untuk berhubungan jarak jauh dengan orang lain.

4. Bagikan Ilmumu.

Tingkatkan interaksi anda dengan berpartisipasi di situs berbagi pengetahuan seperti  GIS.stackexchange.com. dan forum GIS-Area. Anda juga bisa berpartisipasi di situs vendor software SIG seperti situs Forum ESRI. Beberapa grup LinkedIn GIS punya grup diskusi aktif. Mengembangkan kode geospasial yang mungkin berguna untuk orang lain? bagikan via github.com. Terakhir, bagikan pengetahuan anda dengan mengirimkan artikel dan tutorial untuk publikasi di situs geospasial seperti di GISlounge.

5. Bermain

Bukan bermain dalam arti harfiah tetapi mencoba berbagai macam alternatif software geospasial walaupun tidak digunakan di pekerjaanmu. Misalnya anda bekerja dilingkungan produk ESRI, cobalah bermain QGIS, MApinfo dan software geospasial lainnya.

6. Investasi

Sukarelawan dengan kemampuan SIG anda untuk organisasi lokal di area anda, tidak hanya berguna untuk klien tapi juga turut membangun cv anda. Sukarelawan bermanfaat untuk menggunakan serta menguatkan kemampuan SIG anda dan dilain pihak juga mengeksplor pekerjaan wilayah baru.

Untuk menawarkan kemampuan SIG anda, cek organisasi lokal, sekolah, atau organisasi keamanan untuk melihat kalo ada kebutuhan analisis spasial atau pemetaan. Untuk yang lebih formal terdapat organisasi yang menyediakan kesempatan sukarelawan baik di tempat atau jarak jauh, sebagai contoh adalah URISA Crisis Mapper, MapAction, dan Geomentor

Sumber : GISLounge

Tinggalkan Pesan