Cek dan Optimasi Dataset Mosaik di ArcGIS

Adalah sesuatu yang salah dengan dataset mosaik anda? atau anda bertanya-tanya apakah bisa dioptimasi? apakah pernah anda menganalisa dataset mosaik anda?


MD_analyze01

 

Tool  Analyze Mosaic Dataset dapat dilakukan pada dataset mosaik untuk mencari kesalahan atau error. Untuk menjalankan tool ini, pada Table Of Contents (TOC), klik kanan pada dataset mosaiknya, pilih ke menu data dan klik Analyze Mosaic Dataset.

Akan memunculkan tool Analyze Mosaic Dataset.

MD_analyze02

 

Untuk menggunakan tool ini, ada beberapa tahapan, yaitu :

1. Di tool tersebut, input dataset mosaik harus sudah terpopulasi, jika belum navigasikan ke tempat yang tepat dimana data berada.

2. Perluas opsi lanjutan, secara default, hanya footprint, function, raster, dan paths yang akan diteliti, anda bisa bereksperimen dengan mencentang pilihan lainnya.

3. Klik OK untuk menjalankan tool Setelah selesai,

window persiapan akan muncul (dengan asumsi anda menjalankan tool tersebut pada data yang belum pernah di cek), windows tersebut akan memperlihatkan semua kesalahan, peringatan dan pesa sebagai hasil dari diagnosis  

MD_analyze03

Sekarang, anda dapat meninjau daftar kesalahan dan peringatan, dan memutuskan mana yang harus diperbaiki. Kesalahan harus diperbaiki karena biasanya akan mencegah data untuk bekerja dengan benar. Untuk peringatan, perbaikan merupakan pilihan, jika diperbaiki akan meningkatkan performa dari data.

MD_analyze04

 

Untuk mempelajari masalah yang muncul, pilih pada kesalahan dan peringatan, klik kanan dan pilih Help, maka detail dan penjelasan akan muncul.

 

Sumber : Blog ESRI

 

 

 

Tinggalkan Pesan