Persiapan Untuk Wawancara Pekerjaan di Bidang GIS

Interview pekerjaan di dunia SIG tidak begitu berbeda dengan jenis pekerjaan lain. Berikut tips dan trik memasuki dunia kerja di bidang SIG.

1. Sukarelawan

Jika anda berharap diinterview untuk magang atau untuk posisi bawah, cobalah untuk melakukan kegiatan sukarelawan. Sementara beberapa perusahaan atau organisasi mungkin tidak mempunyai dana untuk membayar karyawan magang, mereka mungkin mempunyai area untuk posisi sukarelawan. Pekerjaan sukarelawan magang memberikan anda pengalaman kerja di dunia nyata dan anda dapat bekerja sesedikit atau sesuai dengan waktu yang anda punyai. MElakukan ini, anda akan mendapatkan pengalaman, kemampuan bekerja di bidang SIG dan kemampuan untuk menajamkan kemampuan anda. Kombinasi dengan pendidikan yang lebih tinggi dengan pengalaman bekerja akan sangat berguna.

2. Membuat Portfolio

Untuk menunjukkan anda mempunyai kemampuan Kartografi dan juga SIG, bawa juga portofolio dalam bidang Kartografi/SIG. Berikan contoh 3 – 5 contoh hasil pekerjaan anda dalam berbagai proyek. Pergunakan peta yang menunjukkan kemampuan analisis, rasa kartografis dan penguasaaan konsep SIG. Dengan portofolio anda bisa menunjukkan kemampuan anda pada pewawancara dan juga bisa juga untuk menjawab ketika terdapat pertanyaan “Apakah anda mempunyai sesuatu hal lain yang ingin anda tunjukkan?” ketika interview.

3. Teliti Pekerjaan SIG Yang Akan Anda Terjuni

Meneliti latar belakang perusahaan interview sama pentingnya dengan kemampuan SIG anda. Pelajari perusahaan atau organisasi dan bagaimana mereka menggunakan SIG. Pikirkan apa yang akan anda tawarkan kepada organisasi melalui keahlian teknis SIG dan juga soft skill anda. Ini beberapa pertanyaan yang perlu dipikirkan ketika meneliti mengenai pekerjaan yang akan anda lamar :

– Organisasi tersebut bekerja pada sektor publik atau swasta?

– Apakah mereka mempunyai kelompok perusahaan SIG atau posisi SIG di departmen yang berbeda?

– Berapa jumlah karyawan?

– Apakah SIG digunakan oleh staff internal atau proyek tertentu mempunyai komponen umum? versi software apa yang mereka gunakan?

– Apakah mereka mempunyai aplikasi pemetaan interaktif umum? jika iya , buat catatan mengenai data dan software yang digunakan.

4. Jangan terburu-buru Menjawab

Pada setiap wawancara, selalu tepat dan singkat dalam menjawab pertanyaan. Bolehlah mengambil waktu untuk memikirkan tentang pertanyaan, itu menunjukkan anda berpikir.

5. Bahasa Tubuh Yang Tepat.

Bahasa tubuh yang percaya diri merupakan sesuatu yang penting seperti perkataan yang anda katakan. Duduk lurus kedepan, jangan gelisah, anda ingin tampak percaya diri tetapi jangan terlalu percaya diri. Jika kamu mempunyai kebiasaan memainkan perhiasan (cincin, jam, gelang , dan lain-lain), jangan dipakai ketika sedang wawancara. Selalu pertahankan kontak mata dengan baik. Beberapa perusahaan atau organisasi dapat mempunyai beberapa orang juri, dan sebagian mungkin hanya punya satu juri. Jika ada beberapa orang juri, selalu pertahankan kontak mata secara baik dan merata.

6. Selalu Tekankan Pada Pengalaman Anda

Pikirkan mengenai satu proyek yang pernah anda kerjakan, bagaimana itu cocok dengan organisasi yang mereka ciptakan, dan bagaimana pentingnya itu. Selalu cari tema dan metodologi yang umum untuk setiap proyek, dan pikirkan mengenai kekuatan dan kelemahan proyek tersebut.

7. Demonstrasikan Kemampuan Anda Untuk Bekerjasama.

Selalu hubungkan semua jawaban kepada grup yang pernah kerjasama dengan anda, untuk menunjukkan bahwa anda mampu bekerja dengan berbagai jenis manusia. Sebagai contoh, ketika anda mempunyai proyek final yang rumit saat pekerjaan lapangan ketika anda diharuskan mengumpulkan data dari beberapa sumber, ikirkan sumber yang berbeda tersebut dan bagaimana anda bisa mendapatkan informasi yang anda inginkan. Apakah anda harus berbicara dengan profesor dari universitas lain? apakah anda perlu mendapatkan data dari departemen berbeda di tempat anda studi? apakah anda beerja dengan murid lain dan bisa memimpin ketika berkolaborasi dengan grup proyek?.

8. Selalu Positif

Jika anda ditanya mengenai area yang sesuai dengan tantangan, katakan bagaimana anda mengatasi tantangan tersebut dan atau apa yang bisa anda pelajari dari itu. Memberikan kesan positif sangatlah penting.

9. Tunjukkan Ketertarikan Pada Calon Pekerjaan Anda

Mempunyai pertanyaan yang bagus mengenai bagaimana organisasi / perusahaan menggunakan SIG. Anda telah selesai melakukan persiapan dan sedikit mengetahui mengenai itu-salah satu pertanyaan yang mungkin keluar adalah “Apakah anda mempunyai pertanyaan mengenai kami?”. Disinilah kesempatan anda mempelajari mengenai mereka, dan menanyakan pertanyaan bagis akan memberikan anda wawasan dan juga menunjukkan pada mereka bahwa anda berusaha memahami mereka.

10. Tunjukkan Semangat Anda.

Jika anda mempunyai hobi SIG dan KArtografi, tunjukkan. Ini akan menunjukkan bahwa anda mempunyai garah mengai SIG dan anda akan mempawa gairah tersebut kepada perusahaan yang anda lamar.

 

Terdapat beberapa pertanyaa umum yang sering diberikan pada saat wawancara, berikut beberapa contoh pertanyaan yang kemungkinan ditanyakan saat wawancara berkaitan dengan pekerjaan SIG, disini tidak dibedakan jenis posisi tetapi dikumpulkan berdasarkan jenis pertanyaannya :

– Kemampuan

1. Terangkan kepada kami mengenai kemampuan yang anda pelajari sendiri (tidak perlu tentang SIG). Bagaimana anda mengajari diri anda sendiri?

2. Ini adalah contoh peta online. Apa yang bekerja dengan baik? kenapa? Dimana bagian mana anda bisa meningkatkannya? kenapa?

3. Apa yang akan anda terangkan mengenai SIG pada anak kelas 6?

4. Apa bahasa pemrograman favorit anda? kenapa?

5. Topik terakhir tentang SIG apa yang anda presentasikan di sekolah? bagaimana presentasinya? bagaimana anda mempersiapkannya? Apa yang akan anda rubah, jika anda mengevaluasi presentasi anda dulu?

6. Buku atau website mana yang menjadi reverensi anda ketika mengerjakan pekerjaan SIG? Informasi apa yang biasanya anda cari?

7. Apa tiga hal yang mungkin anda kerjakan jika anda menemui jalan buntu ketika bekerja di sekolah atau saat ada proyek profesional ?

8. Apa yang dapat anda katakan mengenai proyek open source? Apa yang anda rasakan mengenai itu? Apakah anda menggunakannya? mengapa?

9. Apa yang dapat anda katakan mengenai data bebas? Apakah anda menggunakannya? bagaimana? mengapa?

10. Apa yang anda ketahui mengenai OpenStreetMap? Apakah anda berkontribusi? Kenapa atau kenapa tidak?

11. Apakah anda menggunakan GPS di mobil/motor atau ketika berjalan? Kenapa atau kenapa tidak?

– Ketertarikan dan Motivasi

1. Katakan kepada kami tentang peta atau proyek pemetaan yang anda kerjakan diluar pekerjaan atau sekolah

2. Apakah yang anda akan pelajari selanjutnya mengenai SIG / teknologi spasial? kenapa?

3. Apa yang pertama kali anda sukai mengenai teknologi spasial?

4. Siapa yang paling mempengaruhi ketertarikan anda kepada SIG?

5. Jika anda salah seorang pengguna SIG di “belakang”, bagaimana pemikiran anda mengenai seharusnya anda berada? (lab, sales, training, dan lain-lain)

 – Profesionalisme dan Kesadaran Industri

1. Apa yang paling bagus yang anda sukai dari pekerjaan dulu/sekarang/Kuliah mengenai SIG?

2. Berikan alasan kepada kami pentingnya anda dengan kemampuan SIG anda?

3. Apakah kemampuan pemrograman sangat penting di SIG? kenapa/kenapa tidak?

4. Apakah profesi SIG akan melebihi pekerjaan sektretaris kantor/tukang ketik?

5. Apakah SIG termasuk IT atau lainnya (planing, teknik, dll)?

6. Apakah anda berpikir seperti Geograf atau ……….(pemasar, ahli kehutanan, ahli gologi, programer, dll)?

Pertanyaan ini akan menolong anda menyadari bahwa manajer SDM ingin sesuatu yang lebih daripada hanya seseorang yang bisa menjalankan satu jenis software, membuat aplikasi. Mereka mencari manusia menarik yang dapat berkembang seiring dengan posisinya dan perusahaan.

Selalu ingat , orang yang mewawancarai anda telah diberikan posisi seperti anda sebelumnya dan memahami bahwa ini merupakan proses yang melelahkan mental. Selalu persiapkan diri anda akan membantu anda melalui ketegangan dan memberi kesan bagus pada pewawancara, Semoga berhasil.

 

Sumber : Blog GISLounge dan dan Directionsmags

Tinggalkan Pesan