Analisa Kesesuaian Lahan Menggunakan ArcGIS

Kesesuaian lahan merupakan tingkat kecocokan suatu luasan lahan tertentu untuk pemanfaatan tertentu yang dinilai pada saat kondisi saat ini (kesesuaian lahan aktual) atau penilaian setelah adanya perbaikan/penyesuaian (kesesuaian lahan potensial).

Struktur klasifikasi kesesuaian lahan menurut FAO (1976) dibagi menjadi empat tingkatan yaitu, Ordo, Kelas, Subkelas dan Unit. Prosedur analisa kesesuaian lahan adalah sebagai berikut :
1. Identifikasi parameter dan kriteria kesesuaian lahan.
2. Inventarisasi kebutuhan data.
3. Penentuan proses analisis di software GIS.
4. Penyiapan data.
5. Proses analisa kesesuaian lahan.

Seluruh prosedur analisa kesesuaian lahan serta tahapan diatas dapat dilakukan dengan software ArcGIS.  Misalnya penentuan nilai kelas kesesuaian lahan, kita bisa memasukkan parameter ke dalam attribute layer, kemudian dilakukan overlay terhadap parameter dari setiap layer, lalu menggunakan menu “Select By Attributes” kita bisa melakukan query sesuai dengan kelas kesesuaian lahan yang kita tentukan sebelumnya.diagram-alir-proses-analisa-kesesuaian-lahan

 

Sumber : Situs Geotekno

2 comments to Analisa Kesesuaian Lahan Menggunakan ArcGIS

  • Dwi Wahyu

    Mohon Bimbingannya cara mengolah data tiap parameternya atau mungkin tutorialnya?kira-kira saran apa saja yang mungkin saya harus saya pelajari untuk mengolah hal tersebut, saya sangat tertarik untuk pelajari Arcgis ini, saat ini saya sudah menginstall ARCGIS 10.1. mohon bantuan bapak dan rekan semua.

  • mudah sebenarnya, tentukan parameternya yang mempengaruhi kesesuaian lahan, kemudian tentukan bobot masing-masing dan lakukan pembobotan dan overlay
    pelajari dasar operasi dari software GIS dan pelajari juga literatur tentang kesesuaian lahan dilihat dari bidang spasial atau geografi.
    buku software gis bisa dicek di toko buku, banyak sekali. dasar teori untuk kesesuaian lahan bisa di cari di google di jurnal dan skripsi penelitian.

Tinggalkan Pesan