Tool Tambahan Analisis Spasial untuk ArcGIS 10.1

Tool berupa arctoolbox menarik dari ESRI untuk para pengguna ArcGIS 10.1, disini akan diterangkan fungsi dari masing-masing tool :

SASupplementalTools_v1.0

Create Dendrogram

Pada proses klasifikasi multiband raster menggunakan tool Class Probability atau Maximum Likelihood , sebuah file tanda dibutuhkan pada input, agar menghasilkan klasifikasi yang bagus, idealnya ada sedikit overlap antara individu kluster pada ruang atribute multidimensional band input.

Dengan melakukan analisis statistik pada file tanda , tool Dendrogram menggambarkan hubungan antara kelas secara grafis pada file text ASCII spesial.Tool ini memberi anda pilihan untuk membuat dendrogram ke dalam file PDF, dengan menganalisa grafik dendrogram, anda dapat menentukan file tanda yang cukup baik untuk membuat klasifikasi

Draw Signatures

Ketika mengklasifikasikan citra, hasil yang baik diperole ketika overlap minimal terjadi di setiap kelas. tool ini menyediakan visualisasi hubungan antara kelas, dengan rangkaian elips. batas luar elips membatasi distribusi sampel yang didefinisikan dengan bilangan tertentu dari standar deviasi.

Filled Contours

Kontur adalah garis yang menghubungkan lokasi dengan nilai raster permukaan sama, ato disebut sebagai isolines. Sangat berguna untuk membuat area dengan perubahan yang cepat pada fenomena yang dipetakan akan terlihat lebih jelas dan mudah dibedakan

Tool ini membuat polygon kontur dari surface raster. Dibadingkan dengan garis kontur biasa, polygon kontur daat digunakan untuk mencari area elevasi diantara garis kontur, atau meringkas tipe vegetasi untuk setiap jarak kontur tertentu

Maximum Upstream Elevation

Salah satu tipe analisis adalah melakukan pemodedal aliran debir potensial pada saat hujan lebat yang mungkin disebabkan oleh topografi pegunungan setelah kebakaran hutan yang membakar sebagian hutan yang relatif tua. Tool ini membuat hasil yang sangat berguna untuk proses ini. Menggunakan raster elevasi dan raster arah aliran untuk menghasilkan raster elevasi maksimum hulu sepanjang alur aliran hulu terpanjang untuk setiap piksel.

Peak

Tool yang sering digunakan pada analisis hidrologi adalah Sink , yang mengidentifikasi lokasi depresi suatu area berdasarkan nilai piksel atau grup dari piksel. Mekanisme tersebut dapat diaplikasikan untuk menghasilkan hasil yang bertolak belakang, yang menghasilkan area tinggi, puncak dari suatu area, itulah fungsi tool Peak.

Viewshed Along Path

Biasanya, visibilitas ditentukan berdasarkan pandangan 360 derajat dari posisi observer. Namun, kadang-kadang akan sangat berguna jika kita bisa fokus pada suatu sudut tertentu saja dimana observer bergerak melewati jalur. Tool ini memungkinkan membuat output indikasi area yang mungkin terlihat pada suatu jalur tertentu.

 

Dowload

http://esriurl.com/SpatialAnalystSupplementalTools

 

Sumber : Blog ESRI

Tinggalkan Pesan