64 Bit Geoprocessing di ArcGIS 10.1 SP1

 

Hello lagi, pada saat posting mengenai ArcGIS 10.1 Service Pack 1 kemaren,  saya menemukan hal sangat menarik di halaman download Service Pack 1, yaitu sebuah software or update dengan nama ArcGIS 10.1 SP1 for Desktop Background Geoprocessing (64-bit) dan ArcGIS 10.1 SP1 Engine Background Geoprocessing (64-bit) (Windows)  yah tampaknya ESRI telah membuat update untuk pemrosesan geoprocessing agar support 64bit untuk produk ArcGIS dan ArcGIS Engine.

Pada conferensi Esri 2012 User Conference, update ini diumumkan ,dan sebenarnya pemrosesan background sudah mulai diperkenalkan sejak versi 10.0, dimana kita bisa tetap bekerja saat eksekusi geoprocessing. Nah, untuk update ini, yang mengharuskan kita memakai OS 64Bit, akan mengganti background processing yang sudah ada, dan semua eksekusi script, model dan tools akan berjalan di mode 64bit, ini sangat berguna jika anda memakai OS64bit dan memory sama atau lebih dari 4 GB, karena akan terpakai oleh proses background geopricessing ini.

Untuk menggunakan 64-bit Geoprocessing, pastikan bahwa Background Processing dihidupkan pada opsi geoprocessing. Asal tool yang bersangkutan dapat berjalan di background, dia akan memanfaatkan kemampuan 64bit. Jika proses telah selesai, anda dapt melakukan pengecekan hasil dari Results window yang dapat diakses dengan mengklik status proses background di pojok bawah kanan.

ArcMap dan ArcCatalog adalah aplikasi 32bit, yang berkomunikasi dengan DBMS menggunakan pustaka klien 32bit tidak peduli apakah database tersebut 32bit atau 64bit. Proses background 64bit menggunakan pustaka 64bit klien untuk berkomunikasi.

TIPE DATA YANG TIDAK DIDUKUNG :

Data data yang tidak didukung oleh pemrosesan 64bit adalah :

1. Personal Geodatabase (.mdb)

2. Tabel Excel (.xls, .xlsx)

3. Koneksi OLEDB

CATATAN : file coverage didukung sebagai input pada tools tetapi bukan tipe output yang valid.
TOOL YANG TIDAK DIDUKUNG
tool yang tidak berjalan di background adalah :
1. Tool di dalam toolset Metadata conversion
2. Tool di dalam toolset Geodatabase administration
3. Semua tool Coverage
4. Tool Grafis
5. Script, model atau tool kustom, hasil buatan pihak ketiga
Library custom dapat digunakan pada pemrosesan 64bit jika diregistratsi dan dikonfigurasi dengan benar. ANda sebagai developer harus membangun versi 32bit dan 64bit dengan baik.

 

DOWNLOAD

ARCGIS 64 BIT Geoprocessing

http://gisupdates.esri.com/101sp1/English/ArcGIS/ArcGIS_BackgroundGP_for_Desktop_101sp1.exe

ARCGIS ENGINE 64 BIT GEoprocessing

http://gisupdates.esri.com/101sp1/English/ArcGIS/ArcGIS_BackgroundGP_for_Engine_101sp1.exe

 

njoy gan :beer:

 

Tinggalkan Pesan