Tutorial WebGIS Menggunakan ArcGIS dan Adobe Flex

Sebuah tutorial menarik yang dibuat oleh salah satu teman, menguraikan mengenai langkah demi langkah dasar pembuatan webgis dengan platform arcgis server dan Adobe Flex sebagai antar muka, kalo ndak salah :ngakak

Persiapan apa saja yang perlu dilakukan, tentu saja, harus ada beberapa software berikut ini :

1. ArcGIS Desktop

2. ArcGIS Server

3. Adobe Flash Builder

Bisa didapat versi fullnya di forum gis tercinta :ngakak

Selain itu, persiapkan setting IIS di komputer kita, dikarenakan kita memerlukan suatu lingkungan server untuk pengembangan ini. secara default, IIS tidak terinstall di komputer. sebenarnya penulis lebih suka Apache, semoga nanti penulisnya membuat dengan web server apache :beer:

dari penulis, saya quote beberapa patah kata :

Aplikasi     WebGIS ArcGIS     Flex dibuat untuk membantu Anda dalam memanajemen data spasial     dan metadata berupa potret/gambaran     kegiatan dalam     sebuah     sistem  informasi berbasis program GIS yang dapat diakses,    diperbaharui dan dikembangkan secara    berkala.     Yang terpenting dari Aplikasi    WebGIS    ArcGIS    Flex, kesanggupan sistem  yang    dapat diakses dengan mudah dan tampilan antar muka yang menarik. Petunjuk didalam panduan ini akan mengenalkan Anda secara lebih dalam mengenai Aplikasi WebGIS ArcGIS Flex.

 

Oke, tanpa ba bi bu , silahkan download DISINI :beer:

credit to tutorial maker

Tinggalkan Pesan