WaterML 2.0

Halo semuanya, bertemu lagi dengan saya :malu:

WaterML adalah singkatan dari Water Markup Language, merupakan dialek standart untuk XML yang di desain untuk mentransmisikan data hidrologi lewat internet via web service. Skema standarisasi didefinisikan oleh   Consortium of Universities for the Advancement of Hydrologic Science, Inc. (CUAHSI). Dengan melakukan standarisasi bagaimana data hidrologi di query, akan mempermudah untuk akses data dari seluruh penjuru dunia.  dan karena data dikembalikan dengan kondisi format data terstandarisasi dan terencode, webmap dapat dengan mudah memasukkan data dari berbagai jenis sumber.

WaterML 2.0

 The Open Geospatial Consortium (OGC) dan World Meteorological Organization (WMO) sedang mengerjakan domain group untuk membantu pengembangan WaterML 2.0 yang akan menjadi standar resmi untuk OGC untuk mengencode data hidrologi. draft dari WaterML 2.0 telah dikeluarkan pada bulan Juli kemaren dan versi lainnya akan selesai pada akhir bulan ini (Desember) sehingga Standar OGC WaterML 2.0 akan menjadi standar untuk tahun 2012.

WaterML 2.0 akan memuat keunggulan dari WaterML, yaitu berbagai data observasi hidrologi di komunitas global. Saat standar ini semakin banyak diterima, termasuk diberikannya sertifikat OGC, akan semakin banyak pemerintah yang mulai menggunakannya untuk menerbitkan data mereka. Sehingga kita berharap suatu saat data hidrologi seluruh dunia akan dapat terakses dengan bahasa yang telah distandarisasi.

Sekian :beer:

sumber :ESRI Blog

 

Tinggalkan Pesan