Pengembangan Geoprocessing di ArcGIS Workflow Manager

Hallo semuanya 😀

Ketemu lagi nih, pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan perbinjangan mengenai ArcGIS Workflow Manager, khususnya mengenai menjalankan geoprocessing, yang nanti dalam uraian selanjutnya akan kita singkat dengan GP.

Sebagaimana dalam ArcGIS Desktop, Workflow manager menggunakan tool yang sama, jadi kedua software ini mengakses tool yang sama yang sering kita akses via Arctoolbox. dalam software Workflow Manager cara termudah mengakses tool GP adalah melalui custom step JTXDesktopSteps.LaunchGPTool.

 

tool LaunchGPTool termasuk GUI yang simpel untuk membantu desainer workflow mengkonfigurasi langkah yang diperlukan, termasuk :

1. memilih toolbox

2. memilih model/tool/skrip

3. menentukan seting parameter

GUI dapat diakses dengen mengklik tombol di samping kanan kolom arguments, terlihat pada gambar di bawah ini :

 

skrinsut di bawah ini adalah tampilan ketika anda ingin mengkonfigurasi tool “Create File GDB”, terlihat bahwa parameter nolai yang merefleksikan tool telah dipilih.

 

Setelah anda memilih item yang akan di eksekusi, faktanya TIDAK ADA LAGI yang mesti dilakukan, setelah anda menambahkan langkah di atas. pada salah satu workflow anda dan membuat sebuah Job, anda akan mendapati dialog setelah workflow dijalankan

 

Terus, bagaimana saya bisa menjalankan tool diatas secara otomatis, dalam arti saya tidak harus melakukan seting parameter setiap kali perintah dijalankan?. kembali anda lihat pada gambar 3, terdapat kolom parameter yang kosong, jika anda mengisi dengan nilai tertentu pada kolom parameter tersebut, secara otomatis maka setiap kalo tool GP dijalankan, maka variabel yang dibutuhkan akan diambel dari seting parameter di atas

 

ketika dijalankan , maka workflow akan secara otomatis mengisi parameter sesuai dengan set yang sudah ditentukan :

 

bagaimana jika dalam output saya mengginakan token/id unik yang berbeda untuk setiap output?. ketika anda melakukan seting pada output, terdapat pilihan Job.ID yang jika digunakan akan memberikan ID unik setiap kali anda menjalankan Workflow anda :beer:

 

Ketika Workflow dijalankan, katakanlah pada pekerjaan ke “5205”, maka parameter pada tool GP sebagai berikut :

 

Okey dah segitu dulu, tunggu lanjutannya lain kali, selamat mencoba :beer:

:cendolbig

credit to : Brian Demers

Tinggalkan Pesan