eCognition Developer 8.7

Berawal kehebohan di forum, release full dari software eCognition khususnya versi developer 8.7, saya akan mencoba membahas software ini, jarang didengar dan mungkin digunakan oleh khalayak dunia GIS, tetapi software ini ternyata menyimpan fungsi yang luas khususnya dalam Penginderaan Jauh :beer:

eCognition sendiri sebenarnya merupakan software yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Definiens, tetapi pada akhirnya di beli oleh Trimble. ada 3 produk utama dari eCognition :

1. eCognition Server, software yang memungkinkan kita untuk membuat lingkungan pemrosesan otomatis untuk pekerjaan Penginderaan Jauh dengan skala pekerjaan yang sangat besar
1
Software ini berjalan pada sebuah server, ketika sebuah pekerjaan/proyek penginderaan jauh dari eCognition developer atau Architect dikirimkan ke server, maka secara otomatis, server dengan eCognition server software akan mengerjakan semua pekerjaan dalam mode batch secara otomatis

fitur :

a. proses otomatis untuk data yang sangat banyak
b. tool administrasi yang komprehensif
c. Integrasi dengan workflow ArcGIS
d. Interface pemrograman aplkasi untuk pengembangan lebih jauh

2. eCognition Architect, merupakan software khusus untuk para professional non teknis, sehingga para professional yang tidak memounyai kemampuan pemrograman dapat melakukan pemrosesan penginderaan jauh dari tool yang telah tersedia. Pengguna dapat mengkonfigurasi , mengkalibrasi, dan mengeksekusi workflow yang dibuat di software eCognition Developer.
2

Fitur :
a. akses yang mudah ke koleksi fungsi analisa citra berbasis obyek
b. toolbox berisi kumpulan tool analisa penginderaan jauh
c. Dapat dipergunakan mulai dari desktop sampai workflows produksi kelas enterprise
d. akses online untuk solusi
e. workflow yang mudah

3. eCognition Developer, merupakan software untuk para professional teknis, berbeda dengan architect yang sudah built in toolbox yang tinggal pakai, seri developer memungkinkan kita untuk mengembangkan workflow analisa citra berbasis obyek. digunakan pada bidang ilmu bumi untuk mengembangkan sauatu set aturan atau aplikasi untuk aplikasi eCognition Architect untuk otomasi aplikasi penginderaan jauh.
3

Fitur dan keuntungan
a. koleksi tool dan algoritma analisa citra berbasis obyek
b. analisa raster, vector dan point cloud data
c. Dual startup, dapat memilih mode Quickmap atau mode developer tradisional
d. intuitive lingkungan pengembangan
e. Kemudahan digunakan pada desktop atau pada workflow produksi kelas enterprise
f. ketersediaan SDK
g. akses online ke sumber ruleset
4
Dari ketiga software di atas, hanya software eCognition developer yang akan kita bahas lebih jauh. dikarenakan release yang tersedia secara full versi hanya untuk yang ini saja 😀

eCognition Developer dapat diaplikasikan untuk semua pekerjaan penginderaan jauh umum seperti pemetaan vegetasi, ekstraksi fitur, deteksi perubahan, dan pengenalan onyek. Pendekatan berbasis obyek memfasilitasi analisa dari semua sumber data umum, seperti data citra satelit resolusi medium sampai tinggi, foto udara resolusi tinggi sampai sangat tinggi, LIDAR, RADAR dan bahkan data citra hyperspektral.
5
Pada versi terbaru kali ini yaitu versi 8.7 terdapat peningkatan fitur , yang terutama adalah :

a. Peningkatan kemampuan 3D yaitu selective 3D yaitu pendekatan dengan menggabungkan antara raster 2D dengan data vektor yang mempunyai atribut statistik diturunkan langsung dari data awan titik.
b. Mesin yang belajar, Classification and Regression Tree (CART) dan Support Vector Machines (SVM) memungkinkan pola data yang rumit daat dideteksi dengan lebih baik. kemampuan ini sangat berguna untuk analisis ekosistem yang kompleks.
c. Pada versi 8.7 ini kita dapat membangun set peraturan dengan lebih baik dan fleksibel memanfaatkan semua kemampuan baru dari versi ini.

Seperti biasa, anda dapat mendownload aplikasi ini secara penuh dari forum kita tercinta GIS AREA :beer:
pendaftaran gratis :ngakak

selamat mencoba dan salam GIS 😀

4 comments to eCognition Developer 8.7

  • hermawan

    adakah link Ecogntion Developer 8.7 yang full version? Bisa dikirim linknya, kalau ada cd bisa saya beli?

  • ada, tapi bukan disini, di forum teman saya
    lho bukannya anda kalo ndak salah yang posting di chatbox, kalo anda reseller ecognition

    regards

  • Maaf mau bertanya, itu kok posting-an link nya tidak bisa dibuka ya saat saat saya sudah masuk ke forum GIS AREA? Terima kasih

  • mungkin masih 0 postingan, coba dibaca baik baik rulesnya, saya juga kurang faham

Tinggalkan Pesan