Bagaimana Mempersiapkan Data MODIS untuk Pemrosesan di FLAASH

Disini akan dijabarkan bagaimana untuk mempersiapkan data MODIS untuk pemrosesan di dalam FLAASH, sedangkan FLAASH adalah modul untuk koreksi atmosfer, yang ada pada software ENVI.

1
Gambar.1 Rumus koreksi FLAASH

Langkah yang perlu dilakukan :

1. Buka data MODIS, asumsi bahwa data MODIS yang digunakan adalah full band, meskipun begitu, hanya band 1-19 yang bisa diproses di modul FLAASH, dan mungkin band 26, walaupun dalam berbagai tes, band ini selalu dikategorikan sebagai “band buruk”, dikarenakan nilai radiansi yang rendah.

2. Konversi data BSQ ke BIL yaitu via Basic tools> Convert Data

3. Tentukan informasi panjang gelombang yang benar untuk setiap 19 band. Informasi mengenai panjang gelombang dapat dilihat pada website MODIS, yaitu DISINI

4. Pada ENVI 4.2 dan 4.3 ada bug pada file fungsi filter MODIS yangmana band 1 dan 2 terbalik, anda dapat membuat ulang fungsi filter MODIS yang benar dengan cara sebagai berikut :
a. Buka file modis.sli di viewer spectral library dari direktori /envi42/filt_func
b. Tampilkan band 2 terlebih dahulu, kemudian band 1 jadi pada plot key, band 2 diurutan pertama
c. Rename Band 2 menjadi “Band 1” dan Band 1 menjadi “Band 2” di window plot, Edit> Data parameter dialog.
d. Pilih daftar band yang tersisa (3-19) sehingga tertampil di plot window.
e. Simpan Plot Window menjadi library spektral yang baru via File>Save Plot As>Spectral Library. ini akan menjadi file fungsi filter MODIS baru.

CATATAN :
Setiap kali anda ingin mengkoreksi atmosfer band yang terputus, file fungsi filter yang baru harus dibuat karena file terindeks dari entri pertama sebagai band 0 dan diasumsikan sesuai dengan urutan, seperti pada file aslinya. Hal ini diperlukan karena daftar fungsi filter merupakan respon dari urutan band pada file yang ingin diproses atau fungsi filter yang salah akan digunakan dalam proses koreksi atmosfir

Seting parameter FLAASH :

1. Set tipe sensor ke MODIS
2. Masukkan lintang dan bujur, waktu perekaman dan waktu GMT
3. Pengambilan Aerosol mungkin dilakukan, memerlukan band dengan jangkauan 2.1 mikrometer
4. Pengambilan Air mungkin dilakukan jika memroses semua 19 band MODIS. set fitur penyerapan air untuk menggunakan jangkauan 940nm. pada seting multispektral, set fitur penyerapan ke band yang paling dekat dengan titik terendah dari fitur penyerapan dan referensi dari area “bahu” dari fitur penyerapan.
5. Seting multispektral akan menggunakan fungsi filter MODIS yang disajikan oleh ENVI. ganti dengan filter yang telah anda buat sebelumnya

Tinggalkan Pesan