Mapdesk, tool authoring untuk Mapserver

Halo semua GISer :thumbup

Akhir-akhir ini lagi tertarik banget sama Webgis, setelah sekian lama berkutat di analisa dan pembuatan Peta, kok akhirnya jadi agak jenuh yah, mungkin karena hobi saya yang lagi developing web, akhirnya jadi ngelirik webgis juga, n mulai tertarik ke webgis :selamat
saya memakai software open source, karena dunia per-web-an sangatlah ketat, harus bener-bener memperhatikan lisensi dan TOS biar tidak di banned ma provider kita. pilihan jatuh ke Mapserver dengan pertimbangan komunitas yang luas dan banyak buku tutorial di Indonesia, map authoring software itu semacam software otomatisasi untuk mempersiapkan data mentah supaya ready di run di web, seperti Mapguide Studio (software map authoring untuk Mapguide enterprise) punyanya Autodesk jadi kita ndak perlu edit n nulis script manual untuk nambahi data layer dan setting web, cukup dengan klik sana klik sini, upload n jadi dah. Sebenarnya dulu ada Maplab tetapi dah discontinue, tapi jangan khawatir, ada penggantinya salah satunya adalah Mapdesk.
mapdesk
Apa itu Mapdesk dan apa saja fiturnya ?, yap sebagaimana yang sudah saya uraikan sebelumnya tentang Map Authoring, Mapdesk berfungsi sebagai map editor dan viewer dari Mapserver, mendukung syntax highlighting , serta conext-sensitive serta punya preview.

Fitur-fitur dari Mapdesk adalah :

1. Aplikasi tunggal, tidak memerlukan keberadaan CGi dari Mapserver
2. Ada Map editor
3. terdapat tool preview dan fungsi zoom, pan, dan lain-lain
4. preview legenda
5. Independen platform

selain dalam platform windows, software ini dapat digunakan di platform Debian dan RPM, sehingga bagi para Linuxer, jangan khawatir, anda bisa menginstall software ini.

versi terakhir adalah 0.7.0, dapat di download di SINI

selamat mencoba kemudahan dalam webgis :rate

2 comments to Mapdesk, tool authoring untuk Mapserver

Tinggalkan Pesan