Poligon Thiessen

thiessen arcgis

Thiessen Poligon,Juga dikenal sebagai Voronoi jaringan dan Delaunay triangulations. Poligon Thiessen secara independen ditemukan di beberapa bidang studi, termasuk klimatologi dan geografi. Mereka diberi nama setelah klimatolog yang menggunakannya untuk melakukan transformasi dari titik stasiun iklim DAS.
Poligon Thiessen dapat digunakan untuk menggambarkan daerah pengaruh sebuah titik dalam satu set poin. Jika Anda mengambil satu set poin dan menghubungkan setiap titik ke tetangga terdekat, Anda memiliki apa yang disebut jaringan Triangulasi tidak teratur (TIN). Jika Anda membagi dua masing-masing menghubungkan segmen garis tegak lurus dan membuat poligon tertutup dengan bisektor tegak lurus, hasilnya akan menjadi serangkaian poligon Thiessen. Daerah yang terkandung dalam setiap poligon adalah lebih dekat ke titik poligon yang didasarkan daripada titik lain di dataset.

Jika Anda memiliki kumpulan fitur atau peristiwa yang digambarkan sebagai titik dan Anda ingin menentukan wilayah pengaruh setiap peristiwa atau fitur ini, Anda dapat membuat satu set poligon Thiessen berdasarkan poin.

Contoh aplikasi dari hal ini adalah pada perhitungan area tangkapan hujan, juga pada Analisa tetangga terdekat (melihat kecenderungan suatu sebaran), dan dalam perhitungan pola perkembangan hutan atau pola kanopi hutan dan lain-lain

Dalam ArcGIS analisa Thiessen poligon dapat dilakukan dengan beberapa cara :

1. Menggunakan Arctoolbox bawaan ArcGIS, pada versi 10 terdapat pada Tool Analysis di bagian Proximity
2. Menggunakan Ekstensi yang dapat dicari di galeri script ESRI sebagai contoh adalah Ekstensi Create Thiessen Polygons 3.0 di halaman ini
3. Menggunakan script, bisa dilihat contohnya disini

Selain program ArcGIS ada program lain yang dapat digunakan secara khusus untuk Poligon Thiessen dan pada umumnya Poligon Voronoi, anda dapat mmelihatnya pada link ini untuk solusi gratis atau dapat menggunakan software ini untuk solusi berbayar yang tidak semahal ArcGIS.

Perlu diperhatikan sebelumnya, bahwasannya Voronoi dan Thiessen saling terkait, Thiessen adalah salah salah satu aplikasi dari Voronoi dalam bidang klimatologi.

Untuk mencoba fungsi penuh dari beberapa software di atas serta berdiskusi dengan orang-orang yang berkompeten di bidang ini, dapat mendaftar dan login di FORUM GIS ini

selamat mencoba

1 comment to Poligon Thiessen

Tinggalkan Pesan