Bumi, 250 Juta Tahun Evolusi

Perkembangan bumi , 250 Juta tahun yang lalu sampai sekarang

Trias Awal (237 Juta tahun yang lalu)

trias

Benua super Pangea, terbentuk pada Jaman Trias, pada saat ini binatang darat mulai berpindah (migrasi) dari kutub selatan ke kutub utara. Keberagaman mahkluk hidup yang sudah banya berkembang pesat mulai mengalami kepunahan pada Permo-Triassic juga binatang yang hidup di air hangat tersebar menyeberangi laut Tethys. Pada akhir Jaman Trias Pangea mulai terpisah lagi.

Jura Awal (195 Juta Tahun yang lalu)

jura

Awal Jaman Jura, Asia tengah dan selatan mulai tersusun. Samudera Tethys yang luas mulai terpisah, dan memisahkan benua disebelah utara dari benua Gondwana. Pada awal Jura ini pula Dinosaurus mulai tersebar meluas bahkan menyeberangi benua Pangea.

Jura Akhir (152 Juta Tahun yang lalu)

jura akhir

Pada masa ini Pangea mulai terpecah. Akhirnya samudera Atlantik tengah menjadi sempit memisahkan Afrika dari Amerika Utara dan dari Gondwana.

Cretaceous Akhir (94 Juta Tahun yang lalu)

late cretaceous

Selama Cretaceous, Samudera Atlantik bagian selatan terbentuk dan memisahkan Amerika selatan dengan Afrika. India mulai melepaskan diri dari Mandagaskar. dan Amerika utara sudah terhubung dengan Eropa dan Australia masih bersatu dengan Antartika.

Batas Cretaceous–Tertiary (K/T) (66 Juta Tahun yang lalu)

K/T

Akhir dari kehidupan binatang raksasa termasuk dynosaurus. Lihat adanya titik merah yang diperkirakan lokasi tempat jatuhnya meteor yang menyebabkan punahnya binatang-binatang besar pada masa itu. Akibat dari tumbukan ini menyebabkan perubahan iklim yang mempengaruhi lingkungan hidup. Sampai akhir Cretaceous banyak lautan yang mengisi daratan rendah, perhatikan India yang mulai berjalan ke arah utara menuju “proto Himalaya”.

Eosen Tengah (50,2 Juta Tahun Yang lalu)

eosen

Ini diawali dengan bertumbuknya India ke benua Asia. Tumbukan ini membentuk dataran tinggi tibet. Australia yang sebelumnya rapat dengan Antartika mulai terpisah bergerak ke utara

Miosen Tengah (14 Juta tahun yang lalu)

miosen

Sejak 20 juta tahun sebelumnya Antartika tertutup oleh es. Bumi sudah “mirip” dengan bumi saat ini. Karena tektonik yang aktif lebih dominan ada di Asia Tenggara. Termasuk Indonesia. Tetapi dataran florida dan bebrapa bagian asia masih tergenang air berupa lautan dangkal.

Bumi Saat Ini (2010)

now

Bumi 50 Juta Tahun lagi

50 juta

Seandainya gerakan tektonik lempeng yang terjadi saat ini berlangsung terus hingga 50 juta tahun lagi maka Benua Australia akan bersatu dengan Asia.

Bumi 150 juta tahun lagi

150

Samudera Atlantik mulai tertutup. Terkungkung diantara benua-benua besar.

Terbentuk zona penunjaman sepanjang Amerika Utara. Nah saat itu amerika akan gantian menjadi pusat gempa-gempa. Akibat menunjamnya kerak samudera diantaranya maka daratan Benua Afrika dan Benua Amerika Utara menjadi saling mendekat. Nah saat itu orang negro akan bersatu dengan orang putih.

Bumi 250 juta tahun lagi

250

“Pangea Ultima” akan terbentuk setelah 250 juta tahunn lagi. Benua Pangea masa depan, “Pangea Ultima” terbentuk akibat penunjaman kerak-kerak samodera yang habis menunjam kedalam mantle bumi. Akhirnya mempertemukan seluruh benua-benua yang ada di Bumi. Dengan “pertemuan” benua-benua ini kemungkinan akan menyebabkan adanya tubuh air yang “terjebak” diantara benua-benua ini.

Pergerakan dinamis, berkesinambungan ini dipengaruhi oleh sistem tektonis bumi, yang terpetakan seperti di bawah ini :

peta tektonik

Jika pergerakan ini diasumsikan tidak berubah banyak dan terus berlangsung secara konsisten, maka kejadian di atas akan terjadi 250 juta mendatang, dan bukan tidak mungkin bahwa, akan selalu berulang setiap 500 Juta tahun sekali (terbentuknya Pangea Ultima)

sumber : rovicky.wordpress.com

Tinggalkan Pesan