Danau Vostok di Antartika

vostok

Dari 140 danau sub-glacial di bumi, Vostok adalah yang terbesar dan terdalam, dengan kedalaman maksimum 1000 meter (2.950 ft). Di bawah Rusia Vostok Station, 13.000 kaki di bawah permukaan lapisan es Antartika pusat, danau ini mungkin danau yang paling murni di Bumi.

Suhu rata-rata air -3 ° C dan alasan mengapa danau ini masih cair di bawah titik beku adalah adanya pengaruh tekanan tinggi dari berat es di atasnya. Para ilmuwan juga menemukan bahwa inti es mungkin berumur 420.000 tahun, yang berarti bahwa danau tersebut terselimuti selama lebih dari 500.000.

vostok2

Anomali magnetis di Danau Vostok

Anomali magnetik terletak di ujung utara Danau Vostok, anomali ini begitu besar sehingga tidak mungkin disebabkan oleh pergantian magnetis harian bumi yang alami. anomali ini melingkupi suatu areal seluas 65 x 46 mil persegi. beberapa penelitian mengindikasikan bahwasannya besar dan luasnya anomali disebabkan oleh proses geologis aktif yang terdapat tepat di bawah danau, ini menunjukkan indikasi bahwasannya ini merupakan tempat dimana kerak bumi begitu tipis.

vostok3

Ekosistem

Karena danau ini terdiri dari 2 basin yang berbeda yang dipisahkan oleh ridge maka disimpulkan bahw sangat dimungkinkan terdapat 2 ekosistem yang berbeda. kondisi lingkungan di danau bawah tanah ini penuh dengan tekanan, dengan suhu – 3 derajat celcius dan oksigen yang 50 kali lebih massiv dari pada lingkungan normal, mensyaratkan jika ada kehidupan di danau itu, haruslah kehidupan yang sama sekali berbeda serta mempunyai kemampuan adaptasi yang luar biasa dengan kondisi lingkungannya yang ekstrim.
Di Danau vostok juga terdapat gelombang air yang nampaknya dipengaruhi oleh aktifitas matahari dan bulan. gelombang ini mempunyai ketinggian antara 1 – 2 cm.

Kondisi ekstrim di danau Vostok sangatlah mirip dengan kondisi salah satu bulan di sistem tata surya kita yaitu Europa (bulan planet Jupiter) serta Enceladus (Bulan planet Saturnus) sehingga diharapkan dengan penemuan organisme hidup di Vostok akan memperkuat dugaan adanya kehidupan di bulan-bulan planet tersebut.

Sumber : Wiki dan Kaskus

Tinggalkan Pesan