Surfer 8

golden software , salah satu software developer di bidang pemetaan dan grafis mempunyai beberapa produk yang menarik, diantaranya, yang berhubungan dengan pemetaan adalah surfer (software pemodelan pemetaan 3D), Mapviewer (software viewer dan analisa peta), didger (software digitasi serta konverter koordinat berpresisi tinggi), serta strater (software plotting pengeboran dan stratigrafi).

dari beberapa software menarik di atas, penulis berkesempatan mencoba surfer. dan sampai saat tulisan ini dibuat, surfer telah sampai pada versi 8. surfer merupakan software yang dikhususkan untuk analisa kontur dan 3D. surfer dapat membuat kontur, relief, serta visualisasi 3D lainnya dengan metode input “excel like”. pada versi 8 ini, banyak fungsionalitas baru serta perbaikan bug yang kesemuanya dapat dilihat di SINI.
Penggunaan surfer sangatlah mudah, user tinggal memasukkan data titik,yang terdiri dari 2 titik koordinat, yaitu x dan y, serta satu titik ketinggian yaitu z dalam suatu worksheet seperti di excel. setelah itu dilakukan proses gridding atau interpolasi titik tersebut dengan menggunakan algoritma pilihan di surfer meliputi inverse distance, krigging, minimum curvature, nearest neighbour, polynominal regression, radial basis function, shepard method, serta triangulation with linear interpolation. selain fungsi interpolasi untuk pembuatan data 3D, surfer juga dilengkapi dengan analisa overlay, selain itu terdapat pula fungsi annotation untuk melengkapi informasi peta serta advanced editing, untuk perbaikan data.

2 comments to Surfer 8

  • aku juga pernah coba surfer 8, emang lebih simpel dalam penggunaan. tapi untuk bentuk contur dan 3d gak akurat.
    udah aku buktiin untuk itung volume cut and fill di project nikel. data yang ditampilkan kacau, gak menunnjukkan kondisi riil di lapangan.

    kalo hanya untuk menunjukkan view 3d ya bisa aja digunakan surfer 8, tapi untuk kalkulasi volume gak bagus, lebih bagus pakai surpac..

    o ya aku bandingin juga bentuk 3d arcgis dan surpac hasilnya hampir mirip..
    tapi arcgis masih kalah dalam operasi perhitungan dan modeling 3d..

    trims referensinya bro..

  • Software ini cepat dalam membuat peta kontour.Kelemahannya hasil kontur tidak bisa diedit dan terkadang tidak sesuai dengan analisa atau kondisi yg diinginkan.
    Alternatifnya buat kontour peta pakai manula tangan kemudian discan dan diedit pake coreldraw

Tinggalkan Pesan