FLOWMAP 7.3

Flowmap dikembangkan di tahun 1990, dimulai dengan pengembangan program simpel untuk aliran barang dan juga manusia di peta. program dikembangkan oleh Tom De Jong (Universitas Utrecht belanda) dengan Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu realisasi kerja sama penelitian.
Flowmap versi pertama ini dimaksudkan untuk perencanaan pengembangan spasial negara berkembang. sehingga spesifikasi untuk program ini haruslah sesuai dengan standar hari ini. program ini hanya membutuhkan PC DOS tipe IBM kompatibel dengan 640 kb ram, 5 mb disk dan grafis EGA. sangat minimalis tentunya.
dalam beberapa tahun, fungsionalitas terus bertambah dengan analisa untuk klustering spasial berdasarkan jenis dan bentuk aliran, kalkulasi jarak, analisa aksesibilitas dan medel grafitasional. versi terakhir DOS, yaitu 4.4 diluncurkan januari 1997
Di tahun yang sama program di porting ke windows 3.11 dan windows 95 dengan bantuan CSIR (Transportek division of the South African Council for Scientific and Industrial Research). tahin 2000, edisi profesional yang berbayar diluncurkan.
hampir semua software GIS umum hanya didesain untuk manajemen dan menampilkan data spasial. yang mana umumnya merupakan data yang terkait dengan satu lokasi di bumi, bisa titik, garis atau poligon. software semacam ini umumnya menyertakan tool analisa seperti overlay, buffer, dan map-algebra. Tetapi software semacam ini tidak mempunyai tools untuk menganalisa yang berkaitan dengan hubungan dua tempat yang berbeda, yang terkait dengan hubungan spasial seperti jarak dan aliran. disinilah Flowmap mengisi kekosongan tersebut.
Flowmap secara spesifik menghandel :
– menyimpan, menampilkan, analisa pola aliran spasial, seperti migrasi
– menghitung jarak, waktu tempuh, biaya transportasi menggunakan peta jaringan transportasi
– pemodelan wilayah pemasaran.
contoh aplikasi dari flowmap dapat dilihat di bawah ini :

Flowmap di Bisnis, rasionalisasi lokasi dealer MB
Membuat jaringan berbasis perjalanan berdasar peta isochrone

Flowmap mendukung eksport/import Mapinfo/MIF, arcview/Shp, penyimpanan data numeris di dbf, dan konversi hasil ke Bmp.

flowmap dibuat dalam dua edisi, yaitu edisi edukasi dan edisi profesional. keduanya sebenarnya satu produk, kita dapat membuka fungsi-fungsi profesional dari versi edukasi dengan memasukkan 16 digit kode registrasi di bagian helpnya. ada beberapa tambahan untuk edisi profesionalnya, yang dapat dilihat di SINI.
sampai saat ini. versi terakhir dari flowmap dapat di download di link di bawah ini :

Flowmap 7.3 full instalasi (7,2 mb), jika pada saat instalasi timbul pesan “system files are aout of date…..” ikuti petunjuk di file PDF ini
Flowmap 7.3 exe only (1.2 mb)
Manual inggris pdf (1.6 mb)
demo data di manual (1.43 mb)
fungsi akesibilitas di flowmap 7.2, termasuk data dan manual (1.3 mb)

selamat mencoba…………………

Tinggalkan Pesan