GRASS 6.3

The Geographic Resources Analysis Support System atau sering disebut GRASS adalah software SIG (Sistem informasi geografis) dengan kemampuan pemrosesan raster, vektor dan geospasial dalam satu kesatuan software. Didalamnya termasuk tool untuk pemodelan spasial, visualisasi data raster dan juga vektor, manajemen dan analisa spasial data, serta pemrosesan citra satelit dan foto udara, dan juga kemampuan untuk menghasilkan peta berkualitas. Dan dilisensikan dibawah GNU General Public License dan tentu saja gratis.
Pada tanggal 23 april lalu, GRASS GIS 6.3 resmi diluncurkan, ini merupakan release mayor setelah versi 6.2 pada oktober 2006. Screenshoot dari versi ini dapat dilihat di SINI
Secara resmi, versi ini merupakan preview teknologi, menuju ke versi 6.4 yang akan segera datang dan juga tanda untuk memulai pekerjaan menuju GRASS 7. GRASS 6.3 bukan dimaksudkan sebagai salah satu release stabil, tetapi dengan review 5 bulan dari tim pengembang, dimungkinkan bagi para user untuk menggunakan versi ini di pekerjaan.
Disamping berbagai macam modul dan fungsi baru, dukungan format data, dan translasi bahasa. GRASS 6.3 membawa beberapa feature menarik, antara lain prototipe dari user interface wxPython, dan pertama kalinya GRASS diujicobakan untuk dapat berjalan secara native pada Windows, walaupun masih dalam tahap eksperimental dan diharapkan akan sempurna pada release stabil versi 6.4.
Jika tertarik ingin mencoba software ini dapat langsung mengunjungi beberapa mirror berikut, yaitu :

http://grass.osgeo.org/

atau

http://grass.ibiblio.org

atau dapat juga memilih list mirror di halaman berikut

LIST SITUS MIRROR

2 comments to GRASS 6.3

Tinggalkan Pesan