Site icon Blog SIG dan Geografi

Klasifikasi Point Cloud Menggunakan Agisoft Metashape Bagian 1

Tutorial ini mengilustrasikan bagaimana melakukan klasifikasi point cloud di Agisoft Metashape Professional dalam mode manual dan otomatis dan bagaimana menghasilkan Digital Terrain Model (DTM). Metashape memungkinkan tidak hanya untuk menghasilkan dan memvisualisasikan dense point cloud tetapi juga untuk mengklasifikasikan titik point cloud di dalamnya.

Ada 3 opsi:

  1. klasifikasi point cloud terrain otomatis (mengklasifikasikan point cloud berdasarkan parameter yang ditentukan pengguna);
  2. klasifikasi point cloud multi-kelas otomatis (secara otomatis mengklasifikasikan dense point cloud ke kelas yang didukung);
  3. mengklasifikasikan dense point cloud secara manual.

Klasifikasi point cloud menyediakan cara untuk mengkostumasi langkah pada fungsi Build Mesh dan Build DEM: Anda dapat memilih jenis objek apa dalam scene yang ingin Anda rekonstruksi dan menunjukkan kelas titik yang sesuai sebagai data sumber untuk pembuatan mesh. Misalnya, jika Anda membuat mesh atau DEM hanya berdasarkan titik terrain, Anda dapat mengekspor DTM.

  1. klasifikasi point cloud terrain otomatis

a. Pilih perintah Classify Ground Points… dari menu Tools > Dense Cloud.

b. Parameter berikut mengontrol prosedur klasifikasi point cloud terrain otomatis:

c. Klik tombol OK untuk menjalankan prosedur klasifikasi. Umumnya prosedur klasifikasi otomatis terdiri dari dua langkah.

4. Alihkan ke mode tampilan dari Dense Cloud ke Dense Cloud Classes menggunakan tombol yang terletak di Toolbar.

5. Jika hasil klasifikasi point cloud otomatis masih kurang sesuai, prosedur dapat dijalankan kembali dengan menggunakan parameter yang disesuaikan (misalnya, jika beberapa objek di tanah seperti batu dan semak kecil diklasifikasikan sebagai titik terrain, maka bisa dilakukan dengan mengurangi Max angle dan nilai parameter Max distance).

Penting untuk mereset kelas yang ditetapkan untuk dense point cloud sebelum memulai kembali prosedur dengan setting parameter baru. Untuk mereset hasil klasifikasi pilih opsi Reset Classification pada menu Tools > Dense Cloud lalu pilih kelas poin yang ingin Anda buang.

Exit mobile version
Skip to toolbar